Rate this item
(0 votes)
Read 122 times

Project Description

Friday, 27 July 2018 00:00
Gunungan Keripik Ngawi Raih Rekor Dunia
Written by 

Ngawi – Pawai gunungan kali ini yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Ngawi mencatat 2 rekor di Museum Rekor Indonesia atau MURI yaitu dengan gunungan terbanyak sejumlah 1219 gunungan hasil bumi dan produk umkm serta gunungan keripik tertinggi dengan ketinggian 9,55 meter.

 

Hal ini dinyatakan oleh Sri Widyawati, selaku eksekutif manager MURI secara langsung dihadapan ribuan masyarakat Ngawi yang memadati Alun-alun Merdeka sejak siang tadi (25/07). Rekor kali ini tidak hanya menjadi rekor nasional, gunungan keripik tertinggi ini juga mencatatkan diri menjadi rekor dunia.

 

“ Tidak hanya kali ini saja kabupaten Ngawi menjadi salah satu daerah yang telah mencatat rekor di MURI. Sejak beberapa tahun yang lalu sudah ada berbagai rekor yang tercatat. Dan untuk kali ini 2 rekor kembali diperoleh kabupaten Ngawi. Tidak hanya nasional, tetapi menjadi rekor dunia”, ungkap Sri Widyawati pada saat pembukaan pawai di pendopo Widya Graha.

 

Pawai gunungan ini merupakan rangkain acara 96 Jam Bersama Dinas Perdagangan Perindustrian dan Ketenagakerjaan. Bersamaan dengan ini, dibuka pula Gelar Kuliner dan juga Ngawi Furniture Festival  (NFF) 2018. Ketiga acara ini masih menjadi rangkaian dalam memperingati Hari jadi Kota Ngawi  yang ke 660 tahun. Gelaran ini dibuka mulai Rabu 25 Juli 2018 hingga Jumat 28 Juli 2018 mendatang.

 

Kanang, sapaan akrab dari Bupati Ngawi pada sambutannya menjelaskan bahwa acara ini merupakan suatu upaya untuk menggiatkan, mencintai kembali produk-produk lokal. Hal ini digambarkan dengan terciptanya gunungan hasil bumi dan umkm yang dikembangkan oleh rakyat dan untuk rakyat sendiri.    

 

Tembakan kembang api menjadi tanda dimulainya rebutan gunungan. Gunungan sejumlah 1219 ludes dalam waktu kurang dari 10 menit dan hanya menyisakan kerangka saja. Hal ini membuktikan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi dalam menyambut acara seperti ini. 

 

“masyarakat menyambut dengan sangat antusias sekali dan kami juga menyampaikan aparat keamanan dan masyarakat yang sudah tertib jika dibandingkan dengan tahun lalu”, begitu ungkapan ketua DPRD Ngawi, Dwi Riyanto jatmiko yang diwawancarai setelah pawai gunungan selesai digelar.

What we did

Visit Project
Recent Works