Rate this item
(0 votes)
Read 72 times

Project Description

Sunday, 07 October 2018 00:00
Peringati Pengukuhan TKR Hingga Naik Panggung Bersama
Written by 

 Ngawi- TNI pada awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan selanjutnya diubah kembali menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Pada masa mempertahankan kemerdekaan ini, banyak rakyat Indonesia membentuk laskar-laskar perjuangan sendiri atau badan perjuangan rakyat. Usaha pemerintah Indonesia untuk menyempurnakan tentara kebangsaan terus berjalan, sambil bertempur dan berjuang untuk menegakkan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, maka pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden Soekarno mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi.  Demikian cuplikan sejarah dari berdirinya Tentara Nasional Indonesia yang hingga kini melakukan pembaharuan dalam persenjataan guna menjaga keutuhan NKRI. 

Hari ini tidak hanya di lapangan merdeka Kabupaten Ngawi saja, namun seantero bangsa Indonesia melaksanakan upacara peringatan HUT TNI.  Beragam kegiatan digelar dalam rangka perayaan HUT TNI ke-73, mulai dari pemecahan rekor MURI, atraksi alutsista, sampai pelayanan kesehatan.

Berbeda  halnya di Kabupaten Ngawi, usai melaksanakan kegiatan peringatan HUT TNI upacara bendera di lapangan merdeka. Forpinda, anggota polres dan sejumlah prajurit TNI AD  berbaur di panggung prajurit. 

Diungkapkan oleh Dandim 0805 Ngawi Letnan Kolonel Arhanud Hany Mahmudhi, panggung prajurit ini merupakan kegiatan memberikan hadiah kepada prajuritnya agar tetap semangat, memegang janji teguh keamanan Nasional sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-73(5/10). 

Tidak hanya itu saja panggung prajurit ini mempunyai makna positif namun juga memiliki makan penting sebagai media sangat bermanfaat untuk bersilahturahmi antara TNI AD, anggota Polres dan Forpinda. 

“ Tidak mempunyai maksud berseneng-senang semata kami ingin mewujudkan kerukunan antara TNI AD, Polres dan juga para pegawai di lingkup Kabupaten Ngawi” tegas Dandim 0805 Ngawi. 

Sebelumnya memberi kesan berbeda dalam peringatan HUT TNI ke -73 di hari yang sangat momentum. Kapolres Ngawi AKBP MB Pranatal Hutajulu memberikan ucapan selamat sehari sebelumnya dengan memberikan kue tart lengkap di bubuhi lilin berangka 73 yang di kirim langsung oleh orang nomer 1 di jajaran kepolsian resort Ngawi.  Dandim 0805 yang tidak mengetahui rencana kapolres Ngawi cukup terkejut dan dengan bangga mengucapkan terima kasih kepada rekan sejawatnya tersebut.

 "Ini (Surprise) merupakan bentuk ucapan HUT TNI yang ke-73 dari Polres Ngawi. Karena sinergitas antara TNI-Polri sudah terjalin dengan sangat baik, makanya kita coba buatkan sesuatu dengan yang luar biasa dengan mengucapkannya lebih awal “ Ungkap Kapolres Ngawi. (Ard)

What we did

Visit Project
Recent Works