Rate this item
(0 votes)
Read 53 times

Project Description

Thursday, 01 November 2018 00:00
Pelaksanaan Pemilihan Perangkat Desa Zero Pungli
Written by 

Ngawi – Sebelum pelaksanan pemilhan perangkat desa yang kosong di Kabupaten Ngawi, dengan memberikan warning kepada penitia untuk tidak melakukan pungutan. Pernyataan tegas ini di sampaikan oleh  Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Ngawi melarang keras panitia desa memungut biaya administrasi terhadap peserta ujian perangkat desa. Himbauan keras itu menyusul di akhir tahun 2018 ini ada beberapa desa dari 19 kecamatan di Ngawi bakal melaksanakan ujian perangkat desa.

Diungkapkan oleh Achmad Roy Rozano Kabid Pemdes DPMD Ngawi, tidak ada satupun aturan yang membenarkan pihak panitia melakukan pungutan atau beban biaya kepada peserta ujian. Tidak hanya gertak sambal saja jika terbukti, panitia melakukan pungutan liar bisa di pidanakan.

“Kita sudah memberitahukan kepada pansel apabila masih nekat, pihaknya tidak memback up atas yang telah mereka lakukan,”  jelas Kabid Pemdes DPMD Ngawi, Kamis, (25/10/2018).

Tambahnya, biaya pengisian perangkat desa melalui sistim ujian diambilkan dari pos APBDes. Anggaran desa yang dimaksudkan itu bisa dari pendapatan asli desa (PADes) ataupun dari tanah kas desa. Dan dilarang keras mengambil dari anggaran baik Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD).

Roy menambahkan, di wilayah Ngawi dari 19 kecamatan memang ada kekosongan kursi sekdes di 59 desa. Dan 42 desa memang benar-benar kosong sedangkan 17 desa lainya posisi sekdes di Plt kan. Untuk itu Roy mengharap, bagi desa yang terdapat kursi sekdes kosong segera mempersiapkan diri untuk melakukan pengisian mengingat posisi sekdes memang vital dalam birokrasi desa.

“Untuk waktu, kita menyerahkan semuanya kepada setiap Desa dikarenakan mereka yang tahu dan tentang pengajuannya,” Tegas Roy.(Ard)

What we did

Visit Project
Recent Works