Rate this item
(0 votes)
Read 97 times

Project Description

Sunday, 11 November 2018 00:00
Penderita HIV/Aids  Paron Menjadi Penyumbang Terbanyak
Written by 

Ngawi- Mengejutkan angka penderita sintem kekebalan tubuh dan belum ada obatnya ini terdapat di Kabupaten Ngawi. Sedikitnya 161 warga Ngawi, Jawa Timur,  meninggal akibat ganasnya serangan penyakit HIV AIDS dan 401 lainya dinyatakan sebagai penderita. Total terhitung per Agustus 2018 lalu baik yang hidup maupun meninggal sebanyak 562 penderita. Dari jumlah itu penderita didominasi 293 kaum laki-laki dan sisanya perempuan.

Seperti data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Ngawi penyebaran HIV AIDS dari 24 wilayah UPT Puskesmas berada di Teguhan masuk Kecamatan Paron. Diwilayah yang masuk UPT Puskesmas Teguhan tercatat ada 41 orang penderita dan 14 penderita diantaranya dinyatakan meninggal. Dari jumlah itu terdata ada 20 penderita profesinya swasta dan 14 orang penderita berasal dari ibu rumah tangga (IRT).

Berdasarkan data marbidasi kasus HIV AIDS di Ngawi sejak 2009-2018 jumlah penderita terus mengalami peningkatan. Meskipun penyakit akibat serangan kekebalan tubuh terdeteksi diwilayah tersebut diketahui secara medis sejak tahun 2002.

Diungkapkan oleh Jaswadi Kasi Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Dinkes Ngawi menyebutkan, penderita HIV/AIDS pada umumnya usia produktif antara 18-35 tahun yang jumlahnya terus mengalami peningkatan dan terus ditemukan penderita baru.

Untuk penularan HIV/AIDS ungkap Jaswadi, memang berbagai faktor salah satunya melakukan sex bebas. Sehingga ia mengingatkan untuk menjalani hidup sehat tanpa melakukan sex bebas tanpa alat pengaman. Soal keberadaan warung remang-remang yang mungkin ada di wilayah Ngawi bisa menjadi salah satu penyebab penularan HIV/AIDS namun pada dasarnya berbagai macam penyebab.

“ Kita masih melakukan upaya prevetif serta sosialisasi di kalangan pemuda dan juga warga Ngawi, agar kiranya pencegahan dapat dilakukan” tegasnya.(Ard)

What we did

Visit Project
Recent Works