Rate this item
(0 votes)
Read 66 times

Project Description

Friday, 18 January 2019 00:00
Gandeng Relawan Backup Pemilu
Written by 

Ngawi - Genderang pesta demokrasi sudah mulai dekat, penyelenggara PEMILU berbenah diri untuk mempersiapkan personil hingga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sepertihalnya apa yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi membuka pendaftaran sedikitnya  55 orang relawan demokrasi untuk Pemilu 2019.  Diungkapkan oleh Ketua KPU Kabupaten Ngawi Samsyul Wathoni, unsur dari 55 orang relawan demokrasi meliputi berbagai macam basis masyarakat tidak ada persyaratan khusus agar kiranya dapat menyasar ke semua sektor.

Tugas dari relawan ini adalah mereka menyasar pemilih yang sudah berkeluarga, pemilih pemula, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, kaum marginal, komunitas, keagamaan, warga internet dan basis warga adat dan budaya. Perekrutan relawan demokrasi ini guna meningkatkan partisipasi pemilih dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam pelaksanaan Pemilu 2019. 

“ Adanya relawan ini pada intinya untuk menekan angka golput pada proses pemilihan suara mendatang,”  Jelas Toni demikian panggilan akrab Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Senin, (14/01/2019).

Guna  menyasar mereka dengan kebutuhan khusus, KPUD Ngawi telah mempersiapkan 5 personil guna memberi ruang untuk mengakses hak pilihnya. Jumlah tersebut kata Toni sekarang ini sudah terpenuhi menjelang penutupan pendaftaran relawan demokrasi Selasa besok, (15/01/2019).

Tambah Ketua KPUD Ngawi kendati tugas mereka hanya sebagai penyuntik semangat agar menggunakan hak pilihnya. Namun ada persyaratan yang harus di penuhi yang diantaranya berusia minimal 17 Tahun dan berijazah minimal SLTA/sederajat, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bukan bagian dari penyelenggara pemilu.

Tidak hanya itu saja bagi pemohon relawan demokrasi  mereka harus memiliki pengalaman dalam kegiatan penyuluhan atau aktif dalam organisasi kemasyarakatan atau kemahasiswaan. Agar terinci dan terlaksana dengan baik pemohon wajib membuat program kerja yang nantinya dapat di implentasikan.

“Tugas mereka hingga pelaksaan pesta demokrasi 2019 berakhir yakni bulan april dari perekrutan di bulan Januari,” tutupnya.(Ard)

What we did

Visit Project
Recent Works