Now playing

Rate this item
(0 votes)

10 Menit di Terjang Angin, Rumah Warga Ngawi Roboh

By Published January 18, 2019

Ngawi -Bancana alam nampaknya tidak lepas dan masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian warga Kabupaten Ngawi. Kekhawatiran warga akan bencana alam banjir di wilayah Kwadungan, belum lagi longsor untuk wilayah Ngawi barat dekat dengan lereng gunung lawu. Ditambah terjangan angin puting beliung disertai hujan yang kemarin (15/01) menerjang di beberapa wilayah Kabupaten Ngawi menyisakan duka bagi warganya. 

Sekitar pukul 17.00 WIB angin puting beliung menerjang berbagai wilayah Ngawi, Jawa Timur. Akibatnya satu rumah roboh tertimpa pohon dan beberapa rumah lainya mengalami kerusakan tepatnya di Desa Kenongorejo, Kecamatan Bringin, Ngawi.

Sementara data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi menyebutkan selain di Kecamatan Bringin sapuan angin kencang juga terjadi beberapa desa di Kecamatan Kedunggalar. Diinformasikan  terdapat puluhan rumah warga rusak diterjang angin disertai hujan.

“ Guna meringankan para warga yang tertimpa musibah petugas gabungan terdiri dari  kepolisian, TNI dan relawan memperbaiki rumah yang rusak. sekaligus tim kita melakukan pendataan jumlah kerusakan rumah,” terang Eko Heru Tjahjono Kepala BPBD Ngawi, Rabu, (16/01/2019).

Karena saat sekarang cuaca kembali ekstrem pihaknya menghimbau, kepada semua warga untuk ekstra waspada ketika rumahnya berdekatan dengan pohon. Jika ada pohon yang berpotensi roboh Heru meminta untuk ditebang apalagi posisinya ada disamping rumah. Tidak hanya itu saja pihaknya juga memfokuskan untuk warga Ngawi di sekitar lereng Gunung Lawu untuk meningkatkan kewaspadaan pasalnya curah hujan yang tinggi rentan dengan tanah longsor.

“ Cuaca ekstrem saya harap para warga Ngawi khususnya untuk daerah rawan bencana untuk lebih hati-hati dan waspada” tegasnya (Ard)

Read 477 times