Now playing

Rate this item
(0 votes)

1000 KTP Wajib Di kumpulkan Parpol Saat Verifikasi

By Published October 04, 2017

Ngawi – Pesta demokrasi mulai dengan tahapannya sepertihalnya yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu saat sekarang. Memasuki hari kedua proses pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) untuk di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ngawi masih sepi. Terbukti, belum ada satupun partai baik lama maupun baru mendaftarkan diri ke KPU di daerah tersebut setelah dibuka mulai 03 sampai 16 Oktober 2017, Rabu (04/10).

“hingga memasuki hari kedua dari informasi kesekertariatan belum ada partai yang mendaftarkan diri saya sendiri juga tidak tahu apa alasanya soalnya itu hak masing-masing partai. Hanya saja jangan sampai mepet waktu proses pendaftaranya,” terang Samsyul Wathoni Ketua KPUD.

Dia mengharapkan setiap parpol harus berkomunikasi aktif dengan KPU terlebih sebelum pendaftaran dilakukan. Paling tidak memberikan informasi awal tentang kapan pendaftaran dilakukan oleh partai diantara waktu yang sudah ditentukan agar internal KPU sendiri bisa mempersiapkan mekanismenya.

Untuk berkas kelengkapan bebernya, paling tidak setiap partai harus menyerahkan lebih dari 1000 atau minimalnya 899 salinan KTP maupun KTA. Alasanya, terutama partai baru akan dilakukan verifikasi faktual dengan mengambil 10 persen berkas kelengkapan yang diserahkan ke KPU di daerah.

Meski terkesan masih sepi, Toni sapaan akrab Ketua KPUD Ngawi dia optimis proses pendaftaran parpol secara umum di wilayahnya tidak bakal terjadi kendala. Semua mekanisme maupun tahapan pasti dilalui sesuai yang dijadwalkan oleh KPU sendiri.

“Kemungkinan diatas tanggal 7 Oktober 2017 nanti baru ada yang daftar. Saya yakin semuanya akan lancar termasuk partai baru itu dan terpenting komunikasinya jalan terus agar mereka bisa melengkapi semua syarat administrasinya,” pungkas Toni.

Tahapan pilkada untuk Jawa Timur akan di mulai dengan pemilihan Kepala dan wakil Gubernur Jawa Timur, pemilihan legeslatif, pemilihan kepala daerah tingkat kabupaten/daerah dan terakhir Presiden yang di harapkan semua tahapan ini berjalan dengan lancar. (ARD)

Read 41826 times