Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
2 Tahun Kabupaten Ngawi Berjuang Melawan Covid-19

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Evaluasi Bupati Ngawi dengan Petugas Satgas Terkait Persiapan BOR Evaluasi Bupati Ngawi dengan Petugas Satgas Terkait Persiapan BOR

2 Tahun Kabupaten Ngawi Berjuang Melawan Covid-19

By Published August 20, 2021

2 Tahun Kabupaten Ngawi Berjuang Melawan Covid-19

Feuture BahanaFM,Ngawi – Musuh tidak terlihat dan mengakibatkan korban berjatuhan menjadi bukti kebenaran bahaya virus corona atau Covid 19. Virus tersebut mengakibatkan Kabupaten Ngawi hingga tanggal 19 Agustus 2021, dari catatan dinas kesehatan mendata suspek 140 orang, konfirmasi postif 7435 orang, sembuh 6289 orang, meninggal 747 orang dan masih aktif 399. Guna memberikan rasa nyaman dan mematuhi intruksi pemerintah pusat terkait penerapan PPKM level 3 di Jawa bali hingga 23 agustus mendatang. Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menyiapkan solasi terpusat (isoter) disiapkan Pemkab Ngawi untuk menangani warga terpapar Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Ketegasan untuk merawat warga terpapar Covid-19 yang sedang isoman ke fasilitas isoter itu, dikemukakan Bupati Ngawi Ony Anwar, saat memimpin Apel Pemindahan Isoman ke Isoter di Kodim 0805 Ngawi, Rabu (18/8/2021)

Menurut Ony Anwar, pemindahan pasien isoman ke isoter itu, untuk lebih menjamin penanganan dan pengobatan yang lebih baik bagi warga terkonfirmasi positif Covid-19.

“Selain itu juga agar lebih terpantau pergerakan warga yang terpapar ini. Kalau isoman, belum tentu disiplin hanya tinggal di rumah, juga bisa saja di kediamannya malah kurang terfasilitasi secara memadai,” ungkap Ony Anwar.

Pemkab Ngawi telah menunjuk 10 Puskesmas untuk isoter, dengan total kesiapan sekitar 130 ruang. Satu Puskesmas yakni di Ngawi Purba untuk isoter pekerja migran dari luar negeri, sedangkan Puskesmas Walikukun dan Puskesmas Padas dipakai untuk penanganan ibu hamil terpapar Covid-19.

Bupati Ngawi optimis, pelaksanaan vaksinasi untuk mencapai herd immunity 70 persen dari total populasi di Kabupaten Ngawi akan rampung pada akhir bulan September 2021 nanti.

"Itu patut kita syukuri, dan menjadi penyemangat bagi Pemkab untuk segera mencapai herd immunity di Kabupaten Ngawi," ujar Bupati Ngawi.

Mengulang 2 tahun lalu sejak pertama kali Kabupaten Ngawi pertama kali dikejutkan dengan pasien terpapar covid 19, 1 mei 2019 salah satu warga kecamatan walikukun. Mendasar hal tersebut Budi Sulistyono Bupati Ngawi saat itu meminta kepada warga Ngawi untuk menjaga protokol kesehatan.

Menyusul pemberlakuan pertama kali pula pelajar sekolah di kabupaten Ngawi untuk semua jenjang libur sekolah pada tanggal 19 maret dan hanya pelajar setingkat SMA yang masih melaksanakan ujian di perkenankan masuk. Pemkab Ngawi menyiapkan alat PCR mandiri agar mengetahui perkembangan sebaran Covid -19 di Kabupaten Ngawi. Budi Sulistyono

Pemkab Ngawi juga memberlakukan pembatasan pengunjung di tempat makan sepertihalnya angkringan. Ungkap Budi Sulistyono

Kanang panggilan akrab Bupati Ngawi saat itu  tegas pembatasan pelayanan dan kerja ASN juga dibatasi.

Tidak hanya Itu saja pihak petugas polres Ngawi bekerja sama dengan dinas kesehatan melakukan pemeriksaan terhadap pengguna jalan yang menggunakan jalur cepat atau tol apabila memasuki Kabupaten Ngawi ungkap Kapolres AKBP Dicky Ario Yustisianto

Dampak penyakit Covid-19 dikabupaten Ngawi yang hampir 1 tahun ditambah lagi pemberlakukan sosial distancing mengakibatkan masyarakat kecil kehilangan mata pencaharian. Polres Ngawi tergerak dengan progam bina desa memberikan keringanan harga barang sembako dengan kandung maksud ketahanan pangan dapat terjaga AKBP I Wayan Wiyana

Pandemi tidak kunjung berakhir sehingga pemerintah mempercepat pendistribusian Bantuan Sosial Tunai atau BST  melalui kantor pos dengan harapan mampu memberikan stimulus menghadapi kemrosotan perekonomian diterima sejumlah 36.475 . Sandi Yuda Nugraha kepala kantor pos dan giro Kabupaten Ngawi.

"Jadi penyaluran ini untuk akumulasi dua bulan, Maret dan April. Karena program ini sudah berlangsung lama, jadi tidak ada kendala yang berarti dalam penyalurannya," ujar Sandi Yuda Nugraha, Kepala Kantor Pos Ngawi, Kamis (15/4/2021)

Meningkatnya jumlah pasien terpapar covid-19 di Kabupaten Ngawi pasca pelonggaran memaksa relawan membantu prosesi pemakaman pasalnya dalam sehari lebih dari 10 hingga 15 orang meninggal di Kabupaten Ngawi. Aris Setiawan relawan ormas tagana Banser

Melonjaknya pasien Covid-19 sempat membuat salah satu rumah sakit swasta Widodo di Kabupaten Ngawi  pelayanan IGD tutup tidak menerima pasien. Dr Izah pengampu IGD RS Widodo.

Pembatasan kerumunan memaksa pemerintah daerah menutup sementara sarana ibadah,yang hal itu di tentang oleh ade salah satu warga Ngawi. 

2 tahun berlalu pandemi covid 19 tidak kunjung berakhir percepatan vaksinasi dilaksakan oleh pemerintah dengan pengawalan pihak petugas. AKBP I Wayan Wiyana dengan progam gerai vaksin presisi guna menyasar masyarakat umum guna mencegah paparan semakin meluas di Kabupaten Ngawi

Pertahanan diri dan memberikan yang terbaik kepada warga terpapar covid-19  Ngawi Ony Anwar Bupati Ngawi mempersiapkan pelayanan optiman baik RS milik daerah swata dan juga puskesmas guna perawatan pasien tanpa gejala.

Bnatuan pemilik UMKM dan juga warga masyarakat kecil dengan suntikan bantuan dana diharapkan bisa membantu warga Ngawi keluar dari beban hidup ditengah pandemi

2 tahun berlalu  waktu yang tidak singkat dialami warga Ngawi terpenjara akibat penyakit pandemi ini   Bupati berharap secara khusus dalam HUT ke-76 RIBupati Ngawi mengatakan bahwa, sesuai tema besar peringatan HUT RI, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, diharapkan agar warga masyarakat bisa bergotong royong dalam menghadapi masalah bangsa khususnya pandemi Covid-19 ini.

"Tidak perlu saling menyalahkan, kita harus bekerja bersama, bersinergi, bagaimana menghadapi pandemi ini dengan baik, inovasi dan kerja kreatif kita wujudkan dalam rangka perbaikan ekonomi kedepan," ungkapnya.(Ard)

 

 

 

Read 26 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries