Now playing

Rate this item
(0 votes)

6 CAMILAN MENGENYANGKAN UNTUK IBU HAMIL

By Published August 16, 2019

Perempuan hamil sering kali mudah merasa lapar. Wajar, kok, karena Bunda sedang ‘makan berdua’ sementara metabolisme juga menjadi lebih efektif dalam mencerna makanan sehingga lambung pun cepat kosong. Sambil menunggu waktu makan tiba, berikut 6 pilihan camilan yang tepat untuk dikonsumsi saat rasa lapar datang.

Sandwich tuna 
Aturan baru mengatakan bahwa perempuan hamil boleh mengonsumsi 2-3 porsi ikan per minggu. Tuna kaya protein, rendah merkuri, serta merupakan sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang baik sehingga dapat membantu perkembangan otak bayi. Untuk tambahan serat dan lemak sehat, kombinasikan dengan avokad serta gandum utuh. Praktis juga dibawa saat bepergian.

Smoothies
Mulailah dengan yoghurt atau susu sebagai dasar untuk konsumsi susu harian Anda. Kemudian tambahkan pisang atau beri. Penggunaan yoghurt beku akan memberikan tekstur lebih tebal pada smoothie sehingga jika Anda memasukkan bayam segar atau seledri tidak akan terasa di lidah. Bunda juga bisa menambahkan vitamin dan serat lainnya, serta satu sendok selai kacang sebagai tambahan protein. Bubuk kakao bisa dipakai untuk membuat minuman cokelat tanpa terlalu manis.

Roti pita isi jamur dan sayuran 
Makanan ringan ini adalah pembangkit tenaga kaya serat yang akan membantu Anda beraktivitas. Bahan-bahan bisa ditemukan di supermarket terdekat dan untuk berbelanja wortel, seledri, dan paprika. Kemudian pergi ke lorong berpendingin untuk mencari jamur dan menuju bagian roti untuk mengambil roti pita segar. Pilih pita gandum utuh untuk pilihan makanan berserat tinggi.

Keju dan sepiring kacang
Kacang memiliki serat sementara keju menyediakan kalsium. Oleh karena itu, saat butuh camilan penuh tenaga siapkan kombinasi kacang-kacangan dan keju keras yang kaya protein, seperti cheddar, Edam, gouda, Parmesan, atau keju Swiss. Hindari beberapa keju lunak yang mungkin mengandung listeria atau bakteri berbahaya bagi janin. Untuk bekal di perjalanan, ambil satu paket almond dan satu batang mozzarella yang praktis sebagai camilan.

Snack batang protein dan buah
Simpan camilan sehat di dalam tas, laci meja kantor, atau mobil agar Bunda bisa makan kapan saja saat rasa lapar datang. Protein dan makanan berenergi yang disimpan dengan baik akan lebih bergizi daripada granola batangan. Sebagian besar memiliki serat, protein, dan lemak sehat tanpa banyak gula. Membawa jus buah 100% yang disiapkan sendiri--tanpa sirup atau gula berlebih--juga pilihan tepat.

Popcorn dan kacang-kacangan
Camilan berserat tinggi membantu mengatasi sembelit yang dialami oleh beberapa perempuan hamil. Cobalah membuat popcorn kaya serat di rumah atau di tempat kerja. Hindari penambahan garam dan mentega. Pasangkan popcorn dengan segenggam kacang bebas garam agar sensasinya lebih beragam. Gunakan kacang berlapis cokelat bila Bunda ingin camilan yang cenderung manis.

(Sumber: https://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-gizi-kesehatan/6-camilan-mengenyangkan-untuk-ibu-hamil)

Read 54 times