Now playing

Rate this item
(0 votes)
Bupati Ngawi Budi Sulistyono tengah diwawancarai reporter Bahana Bupati Ngawi Budi Sulistyono tengah diwawancarai reporter Bahana

Adaptasi Kebiasan Baru, Dalam 2 Hari Pasien Covid 19 di Ngawi bertambah 7 orang

By Published July 20, 2020

BAHANAFM,NGAWI – Diluar dari angan-angan menghadapi new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 malah bertambah. Dalam 2 hari bertambah 7 orang yang positif Covid 19 di Kabupaten Ngawi. Hal ini di akui oleh Bupati Ngawi Budi Sulisyono saat ditemui di paseban widya graha pemerintah kabupaten Ngawi. Senin (20/07/2020)

Sampai saat ini, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Ngawi berjumlah 7 orang. Rinciannya pada hari sabtu 4 orang, dan pada hari minggu 3 orang yang saat ini para pasien tersebut sudah diisolasi dengan pengawasan tenaga kesehatan rumah sakit dr Soeroto Ngawi.

"Ya ada penambahan pasien terkonfirmasi positif di tengah AKB, 4 orang cluster takjiah Mantingan dan 3 orang asal kecamatan Ngawi dari cluster Subaraya. Saya langsung memerintahkan kepada dinas kesehatan untuk melakukan trecing kesehatan," Ungkap Bupati Ngawi Budi Sulistyono.
Kanang demikian panggilan akrabnya Bupati Ngawi ini menjelaskan untuk 4 orang hasil tracing yang kontak dengan yang positif cluster Mantingan. 4 orang asal kecamatan Mantingan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi sebelumnya melakukan swab test kepada person-person yang pernah kontak dengan pasien nomer 28 hingga 31. Pada hari jumat (17/07/2020) lalu, Swab test diterima oleh tim gugus tugas Lakesda Ngawi.

"Untuk 4 orang terkonfirmasi positif ini seluruhnya berstatus orang tanpa gejala. Mereka kini melakukan isolasi dalam pengawasan tenaga kesehatan," Jelas Kanang.

Kanang menjelaskan sampai saat ini, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi terus melakukan tracing. Hal itu dilakukan untuk menelusuri asar paparan COVID-19 tersebut.

Sedangkan untuk di kecamatan Ngawi sendiri, 3 pasien ini dalam pengawasan pihak gugus tugas berawal pernah menjalani pemeriksaan di perbatasan dan melakukan isolasi mandiri. Dengan hasil reaktif kemudian tim kesehatan melanjutkan pemeriksaan swab yang hasilnya kemarin positif, pasien kooperatif yang kemudian datang sendiri ke rumah sakit dengan pengawalan petugas kesehatan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.
"Memang adaptasi kebiasaan baru, tapi kami imbau kepada masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak dalam setiap aktivitas di luar rumah," Tegasnya. (ard)

Read 11 times