Now playing

Rate this item
(0 votes)

Air irigasi petani Ngawi, Kembali Keluarkan Api

By Published July 19, 2019

 

NGAWI - Acapkali musim kemarau panjang melanda Ngawi, kandungan gas alam yang berada perut bumi menunjukkan fenomenanya. Seperti halnya semburan gas api yang keluar dari pipa air irigasi, terjadi area persawahan milik warga di Dusun Ngampon Desa Widodaren Kecamatan Widodaren, cukup membawa geger warga setempat, Kamis (18/7/2019).

Diungkapkan oleh Hepi Supranoto (petani setempat) kejadian yang bermula di saat pemilik sawah yakni Woto hendak membuat sumur dalam di area persawahannya guna mengaliri sawahnya yang sedang  dilanda kekeringan. Setelah pengeboran sumur dengan kedalaman lebih dari 80 m, air yang keluar bercampur dengan gas dan bisa menyala bila didekatkan api.

“ Air yang keluar dari kedalaman 80m bercampur dengan gas dan bisa menyala apabila dinyalakan dengan korek api” katanya.

Karena seringnya kejadian air dan gas di wilayah desa Karangbanyu ini mengakibatkan keresehan, sehingga pemilik sawah enggan memanfaatkan sumber air bercampur gas hingga bener-benar habis .

" Sejak adanya gas tersebut hingga saat ini belum dipakai kembali menunggu gas tidak ikut keluar" tambahnya.

Sementara itu Sumanto Kepala Desa Karangbanyu mengatakan pada saat musim kekeringan seperti sekarang ini, sumur dangkal tidak mengeluarkan air melainkan gas. "Kalau musim kemarau sekarang ini, Widodaren seringkali gas keluar dari tanah yang terkadang bercampur air," tambahnya.

Musim kemarau yang panjang ini cukup membuat fenomena gegerkan warga desa karangbanyu Widodaren, hal ini sudah menjadi kebiasaan dan dihapal warga setempat da ln tidak memperpanjang. (Ard. )

Read 47 times