Now playing

Rate this item
(0 votes)

Pilkada Ngawi 2020, Bakal Dianggarankan Rp 45 Miliar

By Published July 24, 2019

NGAWI – Pelaksanaan Pilkada Ngawi 2020 diperkirakan menghabiskan anggaran Rp 45 miliar. Jumlah itu naik dua kali lipat dibandingkan anggaran pilkada sebelumnya pada 2015 lalu.

Aman Ridho Hidayat, Komisioner  KPU Ngawi Devisi Teknis Penyelenggara menjelaskan hampir separuh anggaran pilkada tersedot untuk honor badan adhoc. Di antaranya PPK, PPS dan KPPS selama tahapan awal hingga selesai.

"Dari Rp 45 miliar itu, 40 persen untuk untuk gaji penyelenggara dari tingkat kecamatan hingga desa," jelas Ridho demikian panggilan akrabnya, Selasa (23/7/2019).

Penyebab kenaikan anggaran dibanding pilkada sebelumnya, Ridho menyebut salah satunya untuk pengadaan kotak suara. Selain mengganti kotak suara yang rusak, perlu ada penambahan. Karena jumlah pemilih diperkirakan juga bertambah dibanding tahun 2015 lalu.

"Selama 5 tahun berjalan, kami memperkirakan jumlah DPT akan naik," katanya.

Namun, kebutuhan anggaran yang direncanakan KPU Ngawi tersebut baru sebatas pengajuan. Nominal tersebut dimungkinkan bisa berkurang namun kecil kemungkinan bertambah.

"Rencana anggaran masih dalam pembahasan di internal KPU Ngawi. Nanti kalau sudah dibahas akan diajukan ke Pemkab Ngawi," kata Ridho usai memimpin rapat koordinasi Pilkada Ngawi 2020 (Ard)

Read 26 times