Now playing

Rate this item
(0 votes)

Angin Puting Beliung Terjang Ngawi, 9 Rumah Roboh

By Published November 13, 2019

NGAWI – Sedikitnya 9 rumah warga Ngawi roboh akibat di terjang angin puting beliung dan belasan rumah rusak ringan hingga berat di sejumlah titik akibat diterjang angin puting beliung. Senin (11/11/2019)
Diungkapkan oleh Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi Alfian Wihaji Yudono saat dihubungi menjelaskan dari hasil laporan relawan dari beberapa kecamatan sedikitnya ada 5 rumah di Desa Gunungsari Kecamatan Kasreman dan 4 rumah warga di Desa wilayah Kecamatan Bringin Ngawi.
“ Apabila di runtut dari arah angin, terjangan angin pertama terjadi di Desa Gunungsari sekitar pukul 16.00 WIB merobohkan 5 rumah kemudian baru di wilayah Kecamatan Bringin sekitar pukul 17.30 Wib dengan merobohkan 4 rumah” Ungkap Alfian. Selasa (12/11/2019)
5 rumah di kecamatan Kasreman Desa Gunungsari tersebut diantaranya : rumah milik Marjani, Sadiran, Bakri, Sikem dan Sunaryo. Kelima rumah warga ini roboh rata dengan tanah dikarenakan dinding rumah terbuat dari kayu dan bambu sehingga mudah diterbangkan oleh angin.
Sedangkan 4 rumah di wilayah Kecamatan Bringin terhempas angin diantaranya : Ginem 75th warga Dusun Pojok, Desa Mojo, Lasidi 40th warga asal Dusun Bringin, Desa Bringin, Sani 70th warga asal Dusun Melik, Desa Sumberbening dan Muryadi 40th warga asal Dusun Kedungrejo, Desa Bringin rumah tertimpa pohon sengon.
Hari ini petugas dari relawan tagana dibantu warga, POLRI dan TNI bergotong -royong menyingkirkan puing-puing rumah yang roboh. Serta membebaskan jalur akses masuk desa yang tertutup pohon tumbang dan rumah warga yang alami kerusakan akibat genteng di terbangkan angin.
“ Selain membantu para warga dengan membantu logistik dari dermawan dan juga pemerintah daerah, pihak petugas juga membantu para warga yang rumahnya tertimpa pohon serta genteng hilang” tegas Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi.
Musim pancaroba sepertihalnya saat sekarang pihaknya mengharapkan kepada warga Ngawi khususnya diwilayah Kecamatan Padas ke utara dan kecamatan Paron ke barat, untuk mewaspai bencana angin puting beliung, pasalnya selama kurun 3 tahun terakhir daerah di wilayah tersebut seringkali mendapatkan laporan bencana angin. (ard)

Read 45 times