Now playing

Rate this item
(0 votes)

Apes Sehari 3 Warga Ngawi Menjadi Korban Sijago Merah

By Published November 18, 2019

 

NGAWI - 3 warga Ngawi harus menelan pil pahit, setalah rumah dan tempat usahanya ludes dilalap si jago merah.

Kejadian pertama terjadi di kios jalan serong alun-alun timur, masuk kelurahan Margomulyo, Kecamatan Ngawi terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Senin (18/11/2019)

Kios milik Sutrisno warga kelurahan pelem kecamatan Ngawi, tengah memasak mie pesanan pembelinya namun sayang korban lupa mematikan kompor dan menjalar di selang gas. Akibatnya api menjalar di barang-barang yang mudah terbakar, korban bersama warga dibantu petugas dari Kodim 0805 Ngawi memadamkan dengan alat seadanya.

" Api cepat menjalar, puluhan warga yang berusaha memadamkan api tidak berkutik dengan amukan si Jago merah" Ungkap Sunarsih istri korban.

Mobil pemadam kebakaran (damkar) yang datang 1 jam setelah kejadian, berhasil menjinakkan si jago merah. Namun 6 kios milik korban sudah ludes, kepada petugas korban mengaku mengalami kerugian mencapai 30 juta.

Kejadian yang kedua hampir di jam yang sama terjadi di kecamatan Gerih Ngawi, korban alami kerugian mencapai 45 juta akibat rumah yang terbuat dari kayu jati dan seisinya ludes dilalap si jago merah.


Kejadian yang menimpa mantan Kades ini Jariyatun 40 th, warga asal Dusun Tejo Desa Keras kulon Kecamatan Gerih Ngawi. Peristiwa yang bermula dari tetangga korban Didik tengah melihat rumah korban mengepul asap tebal, setelah di cek ternyata rumah bagian belakang sudah dilalap sijago merah. Korban dan warga berusaha memadamkan dengan alat seadanya, diduga karena faktor cuaca yang kering dan hembusan angin cukup kencang api mudah membesar.


" Puluhan warga berusaha memadamkan api, dengan mengambil air dari sumur namun karena keterbatasan api sudah melalap rumah korban" Ungkap Didik salah satu saksi warga.

Kedatangan petugas dari Polsek Gerih langsung melakukan identifikasi dan penyidikan, dari hasil tersebut petugas mendapati asal api dari tungku memasak tetangga korban yang di tinggal tidur. Tetangga korban dengan identitas Satinah 60th tengah merebus jagung sejak sore dan pada malam harinya ditinggal tidur.

" Dari hasil pemeriksaan petugas, kuat dugaan api berasal dari tungku memasak tetangga korban yang lupa dimatikan saat merebus jagung" Tegas Kapolsubsektor Iptu Kapindro.

Sementara kejadian ketiga terjadi di karenakan saat korban mengosongkan BBM dari tangki mobilnya ke jirigen sambil merokok, akibatnya rumah seorang PNS di Ngawi hangus. Selain rumah dan mobil, tubuh Suyatno (45), warga Dusun Pilangbangu, Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas, ini sebagian terluka bakar.

Bagian tubuh korban terluka lantara berusaha mendorong mobil Toyota Kijang bernopol AE 1319 KJ menjauh dari teras rumahnya agar tidak ikut terbakar. Korban alami luka bakar, dengan derajat 40 %, dalam perawatan puskesmas Padas Ngawi.

" Kejadian kebakaran sebuah mobil dan rumah seorang PNS terjadi sekitar pukul 06.30 WIB tadi. Kebakaran juga mengakibatkan korban terluka," Ungkap Kapolsek Padas, AKP Pujianto Senin (18/11/2019)


Diduga percikan api rokok mengenai bensin sehingga membakar body mobil bagian belakang. Namun api terlalu besar sehingga mobil milik korban dan rumah bagian depan ludes di lalap si Jago merah.

Kini korban dibawa ke Puskesmas Padas untuk mendapatkan perawatan. Atas kebakaran itu kerugian material ditafsir mencapai Rp 60 juta meliputi bangunan rumah dan mobil.

" Semoga kejadian ini menjadi pengalaman bagi warga Ngawi, agar tidak menimpa pada diri anda atau mengalami hal serupa dengan apa yang di alami oleh korban" Tegas Kapolres Ngawi AKBP MB. Pranatal Hutajulu. (Ard )

Read 23 times