Now playing

Rate this item
(0 votes)
Arumi tengah memberikan bantuan secara simbolis kepada warga Pitu Ngawi Arumi tengah memberikan bantuan secara simbolis kepada warga Pitu Ngawi

Arumi Bachsin Kunjungi Desa Pitu Ngawi Kampanye Gemarikan

By Published October 05, 2020

BAHANAFM,NGAWI – Masa pandemic covid 19 menggerakkan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jawa Timur (Jatim), Arumi Bachsin Elestianto Dardak dalam kampanye gemar makan ikan (gemarikan) di kantor Desa Selopuro, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi. Dijelaskan oleh istri orang nomer 2 di Jawa Timur, tidak asing untuk dirinya dengan tepuk tangan usai salam menjadi kesan tersendiri akan Kabupaten Ngawi. Dimasa pandemic covid 19, Ikan menjadi salah satu makanan pendamping yang cocok untuk semua kalangan. Dengan kandungan vitamin yang cukup tinggi diantaranya omega 3 dan Docosehaxaenoic Acid (DHA), ikan menjadi solusi pengganti daging sekaligus penanggulangan dampak Covid-19.
“ Ikan itu makanan yang cocok di semua kalangan...? geh to ibuu dan bapak (red;Iya kan Ibu dan bapak) “ logat bahasa jawa yang fasih diucapkan di depan para penerima bantuan Ketua Forikan Istri Emil Elestianto Dardak. Selasa (01/09/2020)
Kegiatan kampanye ini, oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dengan memberikan sejumlah 150 paket bantuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan. Dengan harapan pemenuhan nutrisi tersebut sangat di butuhkan perkembangan anak dan ibu melahirkan. Gizi terpenuhi Kabupaten Ngawi terhindar dari bahaya gizi buruk dan stunting.
Dalam mencegah stunting diperlukan kerjasama berbagai pihak tidak hanya di titik beratkan kepada tenaga kesehatan dan pemerintah, akan tetapi kesadaran dari diri kita sendiri. Untuk kecukupan nutrisi terhadap ibu hamil (bumil) juga sangat penting. Sebab berpengaruh terhadap kondisi bayi yang lahir nanti.
“ Tidak henti-hentinya kami memberikan pemahaman tentang pentingnya pemenuhan gizi, terlebih lagi kepada ibu hamil sebelum dan sesudah melahirkan,” Tambahnya.
Ketua Forikan Ngawi Sri Eko Sulityono, mengucapkan terima kasih atas perhatian pemprof Jawa Timur, pihaknya optimis akan siap meningkatkan gisi dan nutrisi bagi warga Ngawi dengan dukungan semua pihak.
“Kabupaten Ngawi, sudah mengembangkan budidaya ikan darat diharapkan hal itu bisa menunjang pemenuhan gisi di Kabupaten Ngawi,” Ungkap Istri Bupati Ngawi yang akrab di sapa Antik.
Selain progam gemarikan, ketua Forikan Ngawi ini juga membeberkan guna menjaga pemenuhan gisi warga dan mencegah stunting pengawalan dini terhadap ibu hamil di tingkat desa dengan menggerakan kader PKK yang aktif di posyandu.
“ Selain sosialisasi gemarikan perkembangan anak sejak dini sudah di awasi oleh PKK yang aktif di posyandu, hal ini sekaligus menjaga stunting,” Tegas Antik.(Ard)

Read 9 times