Now playing

Rate this item
(0 votes)

Belasan Desa Bakal Laksanakan Pilkades Serentak

By Published October 12, 2017

Ngawi – Tidak hanya Bupati, dan Gubernur  pemlihan kepada desa di Kabupaten Ngawi bakal dilaksakan secara serentak. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi melalui Achmad Roy Rozano Kabid Pemdes mengatakan, proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) akan digelar secara serentak pada 03 Desember 2017 mendatang. Pilkades tersebut nantinya bakal diselenggarakan di 14 desa dari 10 wilayah kecamatan.

“Jadwalnya sudah ditentukan awal Desember 2017 itu dan mulai sekarang sudah dimulai semua tahapanya. Termasuk pembentukan panitia Pilkades hingga penjaringan maupun pendaftaran bakal calon maupun penelitian serta verifikasi berkas calon,” ungkap Roy, Rabu (11/10).

Bebernya, tahapan Pilkades masing-masing desa memang tidak sama meski waktu pencoblosan dilakukan secara serentak. Menyusul dari kesiapan dari pihak desa itu sendiri dalam melaksanakan tahapanya. Mengingat ada berbagai pertimbangan di desa seperti sumber daya manusia yang bakal duduk dalam kepanitian Pilkades.

“Kami sudah memberikan penekanan kepada camat yang ada di wilayah untuk memberikan pendampingan dalam melaksanakan tahapan Pilkades ini. Jangan sampai ada keterlambatan karena jadwal pencoblosanya sudah jelas,” ucapnya.

Untuk tahapanya jika panitia Pilkades sudah tersusun adalah proses pembukaan pendaftaran bakal calon kepala desa dengan waktu 9 hari kerja. Dalam rentang waktu itu sudah terpenuhi jumlah minimal 2 orang pendaftar sebagai bakal calon kepala desa maka dilanjutkan lagi pemeriksaan dan verifikasi berkas administrasi selama 20 hari.

“Pada tahapan pertama baru satu calon atau mungkin sama sekali belum ada yang daftar maka diperpanjang lagi. Karena Pilkades nanti tidak ada istilah lawanya itu bumbung kosong dan harus dua orang calon,” jelas Roy.

Sambung Roy, dari 14 desa yang bakal melaksanakan Pilkades sekarang ini sudah ada 8 desa yang telah menuntaskan tahapan awal. Yakni pendaftaran bakal calon kepala desa dan tinggal melakukan verifikasi berkas kelengkapan administrasi. Desa yang dimaksudkan ini sudah memenuhi jumlah minimal 2 orang yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala desa.

Terkait budget anggaran Pilkades jelasnya, Pemkab Ngawi mengucurkan anggaran subsidi dengan total mencapai Rp 400 juta bersumber APBD 2017. Tetapi jumlah anggaran subsidi untuk menyelenggarakan Pilkades yang diterima masing-masing desa besaranya tidak sama menyesuaikan jumlah DPT. Hanya saja estimasinya masing-masing desa bakal mendapatkan kucuran dana subsidi berkisar Rp 22 juta.

Berikut 14 desa dari 10 wilayah kecamatan yang bakal melaksanakan Pilkades pada 03 Desember 2017. Antara lain Kecamatan Karangjati – Campurasri, Gempol, Kecamatan Bringin – Kenongorejo, Kecamatan Pangkur – Paras, Kecamatan Padas – Tambakromo, Banjaransari, Kecamatan Geneng – Baderan, Kecamatan Kwadungan – Simo, Kecamatan Paron – Sirigan, Kebon, Kecamatan Kedunggalar – Kedunggalar dan terakhir Kecamatan Gerih – Gerih.

“Dari masing-masing desa apabila pihak panitia Pilkades kurang memahami aturan maupun regulasi pelaksanaanya silahkan konsultasi dengan kami maupun pihak di kecamatan,” pungkas Roy. 

Hingga dalam waktu dekat ini pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait dengan rencana pelaskanaan tersebut yang di harapkan dapat berjalan dengan lancer(ARD).

Read 54136 times