Now playing

Rate this item
(0 votes)

Bencana Longsor Menghantui Warga Ngawi Selatan

By Published September 20, 2018

Ngawi- Selain bencana putting beliung dan banjir yang menghantui warga Ngawi, bencana longsor juga masih menjadi momok yang menakutkan. Seperti yang terjadi di area persawahan block gunting masuk Dusun Manyul, Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Ngawi sekitar pukul 15.00 WIB pada Rabu kemarin, (19/09). Diperkirakan akibat longsoran ratusan kubik tanah tersebut persawahan dengan luas 50 are tertimbun material longsor berupa tanah.

 

longsoran terjadi di area persawahan milik tiga orang warga setempat antara lain Parmin(61), Suwandi(57) dan Sujak(72) dipastikan area persawahan mereka bakal gagal panen. Namun demikian untung saja  kejadian ini jauh dari pemukiman warga dan hanya mengakibatkan kerugian sekitar Rp 5 juta dari area persawahan milik warga.

 

“Untung saja saat kejadian tidak ada korban jiwa,sebelumnya terdengar  suara gemuruh  dari dalam tanah hingga puluhan meter setelah di cek area persawahan milik ketiga warga tersebut sudah tertutup tanah longsor,” Jelas Suparlan(54)  salah satu saksi warga.

 

Mendasar adanya kejadian longsor tersebut  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi menghimbau kepada warga untuk mewaspadai bencana longsor yang sering terjadi diwilayah Ngawi sebelah selatan yang tidak bisa pihaknya prediksi. Eko Heru Tjahjono Kepala BPBD Ngawi menambahkan, penyebab longsor di area persawahan masuk Dusun Manyul akibat ada pergerakan tanah terlebih lagi daerah tersebut adalah lereng pegunungan.

 

“Kejadian longsor kemarin menjadi kewaspadaan bagi warga Ngawi agar lebih berhati-hati terlebih lagi dengan kondisi tanah yang curam,” tegas Heru.(Ard)

Read 381 times