Now playing

Rate this item
(0 votes)
Hari menunjukkan Bonsai yang pernah menyabet juara Madya Nasional Hari menunjukkan Bonsai yang pernah menyabet juara Madya Nasional

Beraneka Bonsai Bertaraf Nasional dipamerkan di Ngrambe Ngawi

By Published September 14, 2020

BAHANAFM,NGAWI – Sebanyak 200 lebih tanaman bonsai mengikuti kejuaraan sekaligus pameran yang diselenggarakan di salah satu taman wisata di wilayah kecamatan Ngrambe, Ngawi yang diselenggarakan mulai 12 hingga 16 September 2020. Peserta sendiri tidak hanya di ramaikan oleh pecinta bonsai local Ngawi saja, even bertaraf nasional ini diikuti peserta dari luar kota Ngawi pula.
“ Ngawi banyak selain itu, para peserta juga berasal dari Bondowoso, Bojonegoro, Pacitan Jakarta dan Solo Jawa Tengah,” Ungkap Hari Panitia Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Ngawi dengan acara bertajuk edukasi bonsai.Sabtu (12/09/2020)
Dari ajang ini diketahui bahwa ternyata banyak sekali penggemar dan pengoleksi bonsai di Kabupaten Ngawi, dari berbagai profesi dan kalangan.Keunikan dan keindahan tanaman bonsai bisa diketahui oleh pemilik dan yang merawatnya, pasalnya tidak sembarangan orang bisa sabar dan telaten dalam menciptakan seni dari tanaman bonsai. Sebagian penggemar Bonsai yang ditemui dalam pameran tersebut mengatakan bahwa menanam sampai merawat bonsai itu merupakan suatu hobi yang menyenangkan.
“ Maha karya dari tanaman bonsai dilihat dari cara perawatan dan keunikan merangkai dari dahan ke dahan,” Tambahnya.
Selain menyenangkan, Bonsai juga memiliki nilai jual yang tinggi. Salah satu peserta pameran terdapat bonsai mantan juara 2 tingkat nasional yang pernah di tawar sampai ratusan juta.
“ Dalam pameran ini banyak mantan juara salah satunya juara madya tingkat Nasional,” Tegas Hari.
Puluhan jenis tanaman bonsai yang dipamerkan dari santigi, law han sung, serut, hingga anting putri dan masih banyak jenis lainnya.
Sementara Eko Cahyono salah satu peserta dari Solo mengaku untuk menjadikan Bonsai tanaman yang indah membutuhkan kreativitas yang tinggi. Penjiwaan dalam penataan Bonsai juga diperlukan agar Bonsai yang ditata bisa cantik tentunya diimbangi dengan perawatan intensif.
“ Keindahan dan bonsai memiliki nilai jual tinggi berdasarkan kreatifitas,” Jelas Eko pebonsai asal Solo.
Mayoritas dari peserta pameran ini memang memiliki beragam kolekai bonsai. Memang tidak semua koleksi bonsai mereka pamerkan. Namun dari keseluruhan tanaman bonsai yang dipamerkan adalah tanaman andalan para peserta.
Panitia menggagas event ini dengan harapakan bisa mengenalkan seni edukasi bonsai menuju Ngawi kota wisata bonsai. (ard)

Read 39 times