Print this page
Rate this item
(0 votes)

Bupati Lamongan Kampanyekan Pemanfaatan Toga

By Published June 26, 2019

Bupati Lamongan Fadeli mengajak masyarakat untuk lebih lebih peduli dengan kesehatan. Dia berharap masyarakat tidak terburu-buru menggunakan obat-oabatan kimia, namun beralih menggunakan tanaman obat keluarga (toga).

Hal itu disampaikannya saat Pembukaan Puncak Festival Asuhan Mandiri (Asman) dan Pemanfaatan Toga dan Akupresur di Pendopo Lokatantra, Rabu (26/6).

 

Fadeli mengungkapkan kampanye untuk beralih pada pengobatan tradisonal melalui pemanfaatan toga dan akupresure ini sebagai upaya preventif.

“Jangan dibiasakan, sedikit-sedikit minum obat. Badan capek, lelah, lalu minum obat. Ayo dicoba dulu dengan minum ramuan tradisional, “ ujar Fadeli.

Karena itu dia juga mengajak masyarakat untuk menanami pekarangan dengan tanaman yang memiliki manfaat lebih, sepeti toga. Tim dari Puskesmas sudah siap memberikan pelatihan pemanfaatn toga ini.

Hal serupa disampaikan Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes  Ina Rosalina Dadan.

Dia mengajak masyarakat membiasakan diri minum ramuan tradisional agar terhindar drai penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan.

“Setiap keluarga bisa menanam obat sesuai keluhan kesehatan yang biasa diderita anggoat keluarg. Ini sangat bagus sebagai tindkaan pencegahan,” tutur Ina Rosalina.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat mengungkapkan telah menempatkan 1 orang penyehat tradisional (Hatra) pada masing-maing Puskesmas di seluruh wilayah Lamongan. Ini sebagai upaya pengembangan pelayanan kesehatan tradisional melalui Asman dengan pemanfaatan Toga dan Akupresur.

Read 46 times Last modified on Sunday, 30 June 2019 01:06