Now playing

Rate this item
(0 votes)
Bupati dengan didampingi ketua DPRD dan Kapolres Ngawi Sidak dipedagang kaki lima (foto Ardian Febri Tri H/Bahanafm) Bupati dengan didampingi ketua DPRD dan Kapolres Ngawi Sidak dipedagang kaki lima (foto Ardian Febri Tri H/Bahanafm)

Bupati Ngawi Siapkan Sanksi Kepada Pelanggar Protokol Kesehatan

By Published July 11, 2020

BAHANAFM,NGAWI- Mendasar dari apa yang diungkapkan oleh Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dengan adanya peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Ngawi dalam beberapa hari terakhir ini. Memaksa orang nomer satu di Kabupaten Ngawi mengeluarkan sanksi kepada warga yang melakukan pelaggaran protokol kesehatan terkait covid -19. Keseriusan dari pemkab Ngawi akan menyikapi hal tersebut dengan cara melakukan sosialisasi setiap malam hari untuk menekan penyebaran covid-19 tersebut. Bahkan Bupati rela jalan kaki mengitari jalan protokol mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan.
“ Kita harus selesaikan dengan tuntas kasus covid -19 di Kabupaten Ngawi, agar tidak terjadi penyebaran yang lebih luas,” Ungkap Bupati Ngawi. Kamis (09/07/2020)
Karena sulitnya menata warga Ngawi untuk sadar dengan protokol kesehatan memaksa pihaknya mengeluarkan surat keputusan (SK) yang mengatur sanksi bagi warga yang mengabaikan protokol kesehatan. Karena dengan melakukan sosialisasi atau himbauan saja tidak cukup untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan dalam waktu dekat Bupati akan membuatkan perbub atau SK sehingga memiliki kekuatan hukum. Kurangnya kesadaran warga Ngawi hal ini di buktikan, meski sudah newnormal dengan warga yang sudah beraktifitas normal di pasar tradisional, pekerja industri, maupun desa-desa, jumlah kasus terkonfimr positif tetap alami peningkatan. Pihaknya juga menyayangkan penambahana jumlah pasien Ngawi yang meningkat kemarin dari 27 menjadi 31 orang. Cluster baru yakni klater takjiah menjadi penularan warga Ngawi dengan orang tanpa gejala atau OTG. 3 orang dengan status keluarga dan berjenis kelamin perempuan dan 1 orang laki-laki.
‘’Penambahan pasien covid 19 di Ngawi ini mayoritas dari luar kota, dan cluster mantingan ini karena menghadiri pemakaman keluarga ”Tambahnya.
Ditegaskan oleh Bupati Ngawi mengenai bentuk sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan masih kita lakukan penyusunan seperti apa sanksinya nanti. Akan tetapi pemkab Ngawi akan merencanakan untuk melakukan penyitaan e-KTP bagi pelanggar protokol kesehatan. Dengan begitu nantinya akan bisa membuat jera para pelanggarnya dan tidak berusaha mengulangi kembali.

‘’ Nanti kalau tidak perbub atau SK yang kita akan sosialisasikan apabila sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan tersebut, dicontohkannya tidak pakai masker E-KTP langsung di tarik”Tegasnya. (Ard)

Read 81 times