Now playing

Rate this item
(0 votes)

Cintai Produk Desa, Wakil Bupati Harapkan Peningkatan Kesejahteraan

By Published July 27, 2019

NGAWI - Memberikan peluang peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar membuka gebyar pameran Produk Unggulan Desa (Prudes). Pameran sebagai hasil dari pengelolaan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat Desa (DAPM) di laksanakan di lapangan Kecamatan Kedunggalar, Jum’at, (19/07/2019).


“ Dengan pengelolaan DAPM yang baik harus menjadi penggerak industri rumahan di desa sehingga tidak mempunyai pola pikir bergantung secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan,” jelas Ony Anwar Wabup Ngawi.


Dijelaskan oleh wakil bupati Ngawi DAPM merupakan dana milik masyarakat yang berasal dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Demikian juga bagian dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang di kelola oleh masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.


“ Karena diperuntukkan bagi masyarakat banyak wajib kita dukung guna pengembangan desa, dan semoga menjadi pilot project untuk dapat di contoh kecamatan lainnya,” Tambah Ony.


Sementara Kabul Tunggul Winarno Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ngawi menjelaskan, total dana yang dikelola DAPM di 19 kecamatan mencapai Rp 86 miliar. Gebyar produk unggulan sebagai fasilitas DAPM agar tetap eksis dan konsisten dalam membina para pelaku usaha kecil yang ada di desa yang intinya peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan.


“ Kami berharap dengan adanya program DAPM ini masyarakat bisa mandiri berkembang dengan produk yang dihasilkan. Ekonomi meningkat yang berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat,” tegas Kabul.

Gebyar ini tidak hanya dilakukan di kecamatan Kedungalar saja namun dijadwalkan di seluruh kecamatan di Ngawi.(ard)

Read 61 times