Now playing

Life Style

Life Style (10)

Para ibu tentu tahu, betapa perih yang dirasa saat sedang mengupas dan memotong bawang merah. Bumbu dapur yang satu ini memang sangat diperlukan untuk memasak.

Rasanya kurang sedap jika makanan tidak diberikan potongan bawang merah. Tetapi, perih yang dirasa di bagian mata sampai-sampai bikin mau nangis.

Berikut 6 langkah agar tidak nangis saat mengupas bawang merah:

1. Dinginkan Sebelum Dipotong

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tidak menangis saat memotong bawang adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari pendingin selama 30 menit sebelum dipotong.

Namun, sebelum menaruhnya di dalam lemari pendingin ada baiknya untuk mengupas kulit terluar bawang merah itu.

2. Potong di Dalam Air

Cara lain yaitu dengan menggunakan air. Anda bisa memotong bawang merah di dalam rendaman air atau di air keran yang mengalir.

Memang terdengar sangat sulit untuk dilakukan. Banyak orang takut potongannya tidak akan rata. Tetapi, cara ini sangat ampuh lantaran air dapat meredam senyawa yang bisa membuat mata Anda perih dan berair.

3. Pilih Pisau Anti-Karat

Pemilihan pisau untuk memotong bawang merah nyatanya punya peran penting. Sebab, pisau yang sedikit saja tumpul dan tidak tajam akan membuat penyebaran senyawa bawang dapat menyerbak.

Beda halnya dengan pisau anti-karat yang akan membuat penyebaran senyawa ini akan lebih berkurang.

4. Nyalakan Lilin Saat Memotong Bawang Merah

Nyalakan lilin di dekat talenan jika Anda ingin memotong bawang. Apapun itu nyalakan api saat melakukan aktivitas ini.

Sebab, memotong bawang merah dengan bantuan api di sampingnya akan sangat membantu. Panas dari api akan menarik senyawa ini sehingga tidak mengenai mata Anda.

5. Oleskan Cuka ke Talenan

Semprotkan sedikit talenan Anda dengan cuka yang telah dicampur dengan air. Komposisinya 50 : 50.

Campuran air dan cuka pada talenan diyakini dapat menahan penyebaran senyawa yang keluar dari bawang merah.

6. Kenakan Kacamata Renang

Cara yang satu sangat-sangat membantu, meski terdengar aneh. Lindungi mata Anda dengan menggunakan kaca mata renang saat mengupas dan memotong bawang merah.

Bedanya kaca mata biasa dengan renang terlihat jelas. Kaca mata renang bisa melindungi seluruh bagian mata mu. Tertutup rapi dan tak akan ada yang masuk.

(sumber:https://www.liputan6.com/global/read/3612135/6-jurus-rahasia-agar-tidak-menangis-saat-kupas-bawang-merah?utm_source=Desktop&utm_medium=facebook&utm_campaign=Share_Top&fbclid=IwAR3EHTH57RaSwpTMPc3Bak5odXNNsJ8_pbsH87PTBqesyiiVRpXekiz3ZtE)

Baju baru dan terkena noda luntur setelah dicuci. Duh, belum sempat memakainya untuk pertama kali, terpaksa harus menyimpannya kembali. Kesal? Jelas dong, apalagi jika baju tersebut sudah lama kamu idamkan. Saat baju favorite terkena noda luntur, kamu tidak perlu panik. Tenang saja, ada cara alami untuk menghilangkan noda luntur.

Ladies, jika baju favorite kamu terkena noda luntur jangan buru-buru marah dan bersedih. Berikut adalah cara alami untuk menghilangkan noda luntur pada baju.

Manfaatkan Baking Soda

Selain sebagai bahan membuat kue, baking soda ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan noda luntur. Gunakan baking soda untuk menghilangkan noda luntur yang tidak terlalu banyak. Cukup campurkan baking soda dengan deterjen, oles pada bagian baju yang terkena luntur. Rendam seperti biasa, lalu kucek hingga bersih.

Vetsin dan Deterjen

Siapkan ember bersih air hangat, campur vetsin dan deterjen. Rendam baju yang terkena noda dalam larutan tersebut. Diamkan selama 30 menit atau tergantung tingkat kesulitannya. Lalu bilas dengan air dingin, lalu cuci seperti biasa.

Belimbing Wuluh

Tidak hanya enak digunakan untuk membuat aneka masakan, belimbing wuluh sangat tepat untuk dimanfaatkan untuk menghilangkan noda karena luntur. Cukup oles dengan air belimbing wuluh, bilas dengan air bersih lalu cuci seperti biasa. Kandungan dalam belimbing wuluh baik untuk menghilangkan noda karena luntur.

Gunakan Cuka

Cuka ternyata memiliki manfaat lain selain digunakan sebagai campuran membuat acar. Cuka bermanfaat untuk menghilangkan noda luntur pada baju. Cukup oleskan cuka pada bagian baju yang terkena noda luntur. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air bersih. Kemudian cuci seperti biasa.

Manfaatkan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang memiliki kandungan yang banyak untuk membantu membersihkan noda, termasuk noda luntur. Cukup gosok jeruk nipis pada baju yang terkena noda luntur, bilas dengan air bersih lalu cuci dengan deterjen seperti biasa.

 

Demikian 5 bahan alami untuk menghilangkan noda luntur pada baju. Sekarang kamu tidak perlu panik saat mendapati baju favorit kamu terkena noda luntur.Selamat mencoba dan semoga berhasil.

(Sumber:https://www.fimela.com/parenting)

Agar kemeja tidak kusut lagi dan pakaian tidak terlihat kumal, rapi dengan sempurna, cobalah cara jitu dari Donna Wallace, manajer sebuah produk setrika berikut.

1. Pisahkan pakaian menurut suhu penyetrikaan. Setrikalah sutra dan sintetis pada panas rendah atau sedang (sekitar 177oC), pakaian dari bahan wol dengan panas menengah atau tinggi, dan katun serta linen pada panas tinggi (204 – 218oC) . 

Karena suhu yang tepat sangat penting, biarkan setrika selama beberapa menit setelah disesuaikan kontrol panasnya.

2. Gantung atau lipatlah pakaian segera setelah disetrika.

3. Jangan pernah menggunakan gantungan melingkar, karena ini bisa meregangkan kain.

4. Ketika menyetrika kain lebar, seperti taplak meja atau gorden, gunakan dua kursi di sebelah meja setrika dan lipat kain hati-hati taruh di atas kursi. 

Bisa juga di atas meja yang dialasi handuk, namun pastikan handuk tidak rusak oleh panas setrika.

5. Setrika kain sensitif dengan menekan kain – dengan kain katun bersih, sapu tangan, atau serbet. 

Setrikalah bagian dalam di luar agar tidak gosong atau mengkilap.

6. Jika harus menggunakan kabel sambungan dengan setrika Anda, gunakan kabel 12 ampere. 

Kabel ringan bisa terlalu panas, yang menyebabkan kebakaran. Pastikan Anda mengatur kabel sehingga tidak akan tersandung.

7. Tekan lipatan mulai dari bawah, kerjakan mulai dari dalam ke luar. 

Rapikan lipatannya dengan uap panas setrika.

8. Biarkan pakaian selama beberapa jam setelah selesai Anda setrika agar lipatan tetap rapi.

Selalu ada tantangan baru untuk setiap hal, termasuk untuk kamu yang baru mau belajar berhijab. Sebagai pemula, kamu pasti melakukan banyak penyesuaian gaya berpakaian dan mulai mengumpulkan ragam model serta warna jilbab.

Tidak perlu terburu-buru untuk membeli banyak sekali jilbab langsung di awal Sahabat Fimela. Sebagai permulaan, kamu cukup bermodalkan 5 warna ini untuk mix n match outfit setiap hari.

1. Hitam

Tentu saja, kamu harus punya warna ini! Warna ini tidak hanya bisa dipadankan untuk tema monokrom, tapi juga dengan warna apapun baju yang kamu kenakan. So, jilbab hitam to the rescue.

2. Abu-abu

Warna yang satu ini juga mudah dipadankan dengan warna apapun. Mungkin kamu merasa tidak cocok atau mood outfitmu tidak sesuai dengan jilbab hitam, pakailah jilbab abu-abu.

3. Navy

Dengan jilbab navy kamu bisa memberikan kesan bold dan elegan. Padankan jilbab navy dengan warna abu-abu untuk penampilan yang chic!

4. Burgundy

Another bold and elegan colour! Jilbab warma ini cocok banget kalau mau kamu gunakan untuk acara di malam hari. Warna burgundy ini sangat cocok didankan dengan warna coklat atau beige!

5. Coklat atau beige

Nah, warna ini juga merupakan salah satu warna netral yang wajib dipunya karena mudah dipadankan dengan warna apa saja, sangat memudahkan buat kamu yang baru mulai berhijab dan belum punya terlalu banyak warna jilbab.

(sumber: https://www.fimela.com/fashion)

Page 1 of 3