Now playing

Life Style

Life Style (6)

Perempuan hamil sering kali mudah merasa lapar. Wajar, kok, karena Bunda sedang ‘makan berdua’ sementara metabolisme juga menjadi lebih efektif dalam mencerna makanan sehingga lambung pun cepat kosong. Sambil menunggu waktu makan tiba, berikut 6 pilihan camilan yang tepat untuk dikonsumsi saat rasa lapar datang.

Sandwich tuna 
Aturan baru mengatakan bahwa perempuan hamil boleh mengonsumsi 2-3 porsi ikan per minggu. Tuna kaya protein, rendah merkuri, serta merupakan sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang baik sehingga dapat membantu perkembangan otak bayi. Untuk tambahan serat dan lemak sehat, kombinasikan dengan avokad serta gandum utuh. Praktis juga dibawa saat bepergian.

Smoothies
Mulailah dengan yoghurt atau susu sebagai dasar untuk konsumsi susu harian Anda. Kemudian tambahkan pisang atau beri. Penggunaan yoghurt beku akan memberikan tekstur lebih tebal pada smoothie sehingga jika Anda memasukkan bayam segar atau seledri tidak akan terasa di lidah. Bunda juga bisa menambahkan vitamin dan serat lainnya, serta satu sendok selai kacang sebagai tambahan protein. Bubuk kakao bisa dipakai untuk membuat minuman cokelat tanpa terlalu manis.

Roti pita isi jamur dan sayuran 
Makanan ringan ini adalah pembangkit tenaga kaya serat yang akan membantu Anda beraktivitas. Bahan-bahan bisa ditemukan di supermarket terdekat dan untuk berbelanja wortel, seledri, dan paprika. Kemudian pergi ke lorong berpendingin untuk mencari jamur dan menuju bagian roti untuk mengambil roti pita segar. Pilih pita gandum utuh untuk pilihan makanan berserat tinggi.

Keju dan sepiring kacang
Kacang memiliki serat sementara keju menyediakan kalsium. Oleh karena itu, saat butuh camilan penuh tenaga siapkan kombinasi kacang-kacangan dan keju keras yang kaya protein, seperti cheddar, Edam, gouda, Parmesan, atau keju Swiss. Hindari beberapa keju lunak yang mungkin mengandung listeria atau bakteri berbahaya bagi janin. Untuk bekal di perjalanan, ambil satu paket almond dan satu batang mozzarella yang praktis sebagai camilan.

Snack batang protein dan buah
Simpan camilan sehat di dalam tas, laci meja kantor, atau mobil agar Bunda bisa makan kapan saja saat rasa lapar datang. Protein dan makanan berenergi yang disimpan dengan baik akan lebih bergizi daripada granola batangan. Sebagian besar memiliki serat, protein, dan lemak sehat tanpa banyak gula. Membawa jus buah 100% yang disiapkan sendiri--tanpa sirup atau gula berlebih--juga pilihan tepat.

Popcorn dan kacang-kacangan
Camilan berserat tinggi membantu mengatasi sembelit yang dialami oleh beberapa perempuan hamil. Cobalah membuat popcorn kaya serat di rumah atau di tempat kerja. Hindari penambahan garam dan mentega. Pasangkan popcorn dengan segenggam kacang bebas garam agar sensasinya lebih beragam. Gunakan kacang berlapis cokelat bila Bunda ingin camilan yang cenderung manis.

(Sumber: https://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-gizi-kesehatan/6-camilan-mengenyangkan-untuk-ibu-hamil)

SEKARANG ini orangtua perlu berusaha lebih keras agar anak mereka dapat tidur tepat waktu. Sebab bila dahulu tantangannya hanyalah acara TV maupun tayangan lain, kini keberadaan ponsel dan media sosial membuat anak menjadi lebih susah untuk tidur. Namun kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja lantaran angka masalah gangguan tidur pada anak-anak mengalami peningkatan signifikan.

Bagi orangtua yang kesulitan menyuruh anaknya untuk tidur tepat waktu, dilansir Okezone dari Independent, Selasa (2/10/2018), ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Simak ulasannya berikut ini :

 1. Katakan tidak pada perangkat elektronik

Salah satu cara yang dapat dilakukan orangtua untuk memperbaiki masalah gangguan tidur pada anak adalah memastikan anak tidak lagi menggunakan perangkat elektronik tepat sebelum mereka naik ke tempat tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat ielektronik dapat berdampak negatif pada tidur anakkarena memengaruhi hormon yang menginduksi tidur yaitu melatonin. Paling tidak 30 menit sebelum tidur anak harus bebas teknologi atau perangkat elektronik.

2. Atur waktu tidur yang ketat

Sama seperti pada orang dewasa, anak-anak juga sulit tidur dengan nyenyak apabila pola tidurnya setiap malam berantakan. Orangtua perlu menetapkan waktu tidur setiap malam dan menerapkannya dengan ketat. Hal ini akan membuat anak menjadi terbiasa untuk tidur di waktu yang telah ditentukan.

3. Ciptakan lingkungan yang damai

Cara lain untuk membuat anak tertidur adalah meminta mereka menggunakan imajinasinya sebelum tidur. Dengan begitu akan tercipta lingkungan yang damai sehingga anak merasa nyaman untuk tidur. Imajinasi juga membuat anak hanyut dalam pikirannya yang berpengaruh terhadap keinginan untuk tidur. Orangtua bisa menanyakan kepada anak tentang liburan atau tempat favorit ketika mereka sudah berada di atas tempat tidur.

4. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi

Anak-anak tidak disarankan untuk mengonsumsi camilan manis sebelum tidur karena dapat menyebabkan lonjakan energi secara tiba-tiba. Begitu juga dengan konsumsi keju karena dapat mendatangkan mimpi buruk. Sebagai pilihan, 45 menit sebelum tidur anak-anak bisa mengonsumsi roti panggang gandum, apel, atau biskuit.

5. Pastikan tempat tidur nyaman

Kenyamanan adalah faktor utama anak bisa tidur dengan nyenyak. Anak-anak pada umumnya membutuhkan jenis kasur yang kuat untuk tidur karena tubuh masih dalam masa pertumbuhan. Selain kasur yang nyaman, ketebalan selimut yang digunakan jug perlu menjadi perlahan. Anak biasanya kurang nyaman menggunakan selimut yang tebal.

(Sumber: lifestyle.okezone.com)

Memiliki betis besar dan tidak proposional memang membuat penampilan kurang percaya diri. Harus lebih hati-hati dalam memilih pakaian yang akan kamu kenakan. Salah pilih, justru akan membuat betis kamu terlihat semakin besar. Bagaimana menyiasati, agar penampilan kamu menarik dan penuh percaya diri?

Berikut ini adalah 5 cara agar kamu tetap tampil menarik dan penuh percaya diri dengan betis besar kamu. 

1. Tinggalkan Flat Shoes Kamu

Beberapa orang tentu setuju, jika memakai flat shoes akan membuat kamu merasa lebih nyaman. Well, tapi tahukah kamu jika flat shoes justru membuat betis kamu terlihat lebih besar? Untuk menyamarkan betis besar kamu, siasati dengan memakai high heels. Pilih sol yang tebal, agar kamu merasa lebih nyaman.

Memilih sepatu dengan bentuk boots setinggi lutut akan membuat kamu semakin menarik dan penuh percaya diri.

2. Pilih Pakaian dengan Warna Cerah

Agar penampilan kamu menarik dan penuh percaya diri, jangan ragu memakai warna cerah dan untuk bawahan pilih warna yang gelap. Hal ini menyiasati agar orang lebih fokus untuk melihat tubuh kamu di bagian atas. Hmm, berani mencoba?

3. Buang Jauh Celana yang Terlalu Ketat

Agar penampilan kamu menarik, hindari memakai celana yang terlalu ketat dan berbentuk legging. Celana ini akan semakin membuat betis kamu semakin terlihat besar. Celana bentuk legging ini justru akan mempertegas bentuk betis kamu. Celana warna cerah dengan motif yang besar pun sebaiknya kamu hindari.

4. Celana Panjang adalah Item Wajib untuk Pemilik Betis Besar

Salah satu item penting untuk pemilik betis besar adalah celana panjang. Celana panjang akan membantu menyamarkan betis besar kamu. Pilih celana panjang dengan bentuk solid. Potongan celana berbentuk bootcut sangat disarankan.

5. Rok Bentuk A-Line adalah Pilihan Tepat

Jangan malu untuk memakai rok. Pilih rok dengan potongan A-line karena akan membuat penampilan kamu menarik. Potongan A-line akan membantu membentuk ilusi pada betis kamu sehingga terlihat lebih kecil.

Rahasia agar anak cerdas dan berprestasi di sekolah ini tentunya menjadi salah satu topik yang sering dibahas dan banyak dicari oleh para orang tua, khususnya untuk orang tua dengan putra-putri yang tidak begitu cerdas bahkan untuk anak-anak yang sudah cerdas, orang tua tetap melakukannya dengan harapan agar anak menjadi manusia yang berguna bagi keluarga dan dirinya kelak. Dan untuk saat ini yang menjadi harapan dari orang tua adalah bagaimana anak-anak mereka menjadi anak yang berprestasi di sekolah atau pun diluar sekolah. Akan sangat membanggakan jika anak-anak kita bisa mewujudkan semua itu, namun apakah semua anak bisa menjadi harapan orang tua? Tentu bisa, selama orang tua selalu mensupport atau mendukung anak dan anak juga rajin belajar dalam menuntut ilmu

Untuk menjadikan anak agar menjadi anak yang cerdas, tentu ada rahasia yang wajib dipelajari atau paling tidak diketahui oleh orang tua dan menerapkannya kepada anak-anak. Seperti apa rahasia agar anak cerdas dan berprestasi di sekolah? Berikut rahasianya:

Rajin Membaca Buku
Banyak yang sudah menyatakan dan mengatakan kalau buku merupakan salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan ilmu, seluruh ilmu yang ada di dunia ini ada dalam satu buku dan jika dibaca dan dipelajari maka akan mendapatkan ilmu yang ada di buku tersebut. Membaca buku tidak hanya sebatas buku pelajaran akan tetapi buku yang lainnya juga perlu di baca oleh anak-anak seperti buku-buku ilmu pengetahuan dan sosial

Rajin Menulis
Jangan pernah melarang anak Anda mencorat-coret dinding tembok rumah, itulah awal mereka mengenal tulisan walau dalam bentuk coretan. Kenapa anak selalu mencorat-coret tembok? Karena lebih luas dan lebih menyenangkan. Pernah mengalami hal seperti itu? Tentu pernah dong dan hampir semua anak melakukannya. Agar mencorat-coret tembok tidak menjadi kebiasaan anak, kewajiban orang tua adalah menyediakan buku dan pensil yang selalu siap untuk di tulis oleh sang anak. Arahkan anak ke sebuah buku yang lengkap dengan gambarnya karena anak lebih senang meniru dari pada diajari setelah itu baru diajari menulis dengan memberikan kertas kosong. Tulisan pertama yang perlu anak tahu adalah nama dirinya karena dengan menuliskan namanya sendiri akan menjadi suatu kebanggaan buat si anak

Sering Latihan Belajar
Membiasakan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah adalah salah satu cara agar perkembangan otak Anak dapat terjaga dengan baik. Pekerjaan rumah (PR) tidak mesti dari sekolah, sebagai orang tua juga bisa memberikan PR buat anak-anaknya dengan ketentuan harus sesuai dengan pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Selain mengerjakan PR, sarankan kepada anak-anak agar belajar bersama dengan teman-temannya atau belajar kelompok, karena dengan belajar kelompok ini akan semakin menumbuhkan semangat belajar anak

Berangkat Ke Sekolah Lebih Awal
Tujuan berangkat sekolah lebih awal adalah agar anak terbiasa melakukan sesuatu yang merupakan kewajibannya dan hal ini dapat melatih disiplin akan untuk selalu tepat waktu, begitu juga ketika pulang sekolah, biasakan juga agar anak pulang sekolah tepat waktu. Kebiasaan seperti ini
membuat anak akan selalu berpikir panjang dan juga menjadi pribadi yang disiplin

Belajar Bersama
Belajar bersama anak akan membantu perkembangan otaknya, dengan belajar bersama akan membuat anak mengeluarkan ide-ide dalam belajar. Belajar bersama juga akan melatih mereka menerima saran dan kritik dari orang tua atau pun dari teman-temannya. Belajar bersama tidak hanya dilakukan oleh orang tua dengan anak tapi anak dengan teman-temannya atau belajar kelompok bersama mereka

Bertanya
Jika anak mengalami kesulitan dalam belajar, baik di rumah atau pun di sekolah, sarankan kepadanya agar banyak bertanya baik kepada kita sebagai orang tua dan kepada guru yang memberikan pelajaran di sekolah. Dengan banyak bertanya akan membuat anak lebih mudah mengerti dengan apa yang mereka pelajari. Tanamkan kepada anak kalau bertanya itu sangat penting dilakukan dalam proses belajar mereka

Itulah beberapa ulasan tentang rahasia agar anak cerdas dan berprestasi di sekolah, mungkin masih ada beberapa faktor lain yang bisa dikembangkan dari ulasan diatas yang sesuai dengan tata cara orang tua dan guru dalam memberikan pendidikan dan pelajaran yang baik buat anak-anak (sumber: tipsanakcerdas.com)

Page 1 of 2