Print this page
Rate this item
(0 votes)

Curah Hujan Tinggi BPBD Ngawi, Bupati Intesifkan Relawan Bencana

By Published January 04, 2020

NGAWI - Informasi terkini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga 5 Januari massa udara basah dilapisan rendah yang masih terkonsentrasi di wilayah Jawa Timur, dan hingga akhir bulan februari surah hujan masih di informasikan tinggi. Hal ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Ngawi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terlebih lagi Ngawi pernah mengalami banjir bandang 2007 silam.
“ Memang curah hujan diNgawi dan sekitarnya cukup tinggi dan ini akan menjadi perhatian kita semua agar 2007 silam tidak terulang kembali,” Ungkap Bupati Ngawi Sabtu (04/01/2020)
Hingga saat ini pemkab Ngawi telah menerjunkan relawan yang di tempatkan di kantung-kantong sering terjadi banjir, guna memprioritaskan penyalauran bantuan dan evakuasi korban apabila terjadi banjir atau luapan bengawan Madiun dan Solo.
“ Kita (pemkab Ngawi) sudah melatih relawan dan tim SAR di berbagai kecamatan yang sewaktu-waktu siap terjun memberikan pertolongan dan penyaluran bantuan,” Tambahnya
Sementara kewaspadaan dari Bupati Ngawi di tindak lanjuti oleh BPBD Ngawi dengan dengan menempatkan 29 perahu dan genset di daerah dengan tingkat kerawanan banjir di Kabupaten Ngawi. Secara terpisah diungkapkan oleh Teguh Puryadi selaku Kabid kedaruratan BPBD Ngawi menjelaskan penempatan perahu dan genset di 26 desa ini, sebagai upaya BPBD dalam menanggulangi situasi yang tidak diinginkan, sepertihalnya bencana banjir.
“ Usai pengecekan kelengkapan perahu langsung kami tempatkan di desa-desa yang rawan terjadinya banjir,” Jelas Teguh, Jum;at (03/01/2020).
Perahu dan genset untuk pemenuhan evakuasi korban, Tambah kasi kedaruratan BPBD Ngawi juga telah mempersiapkan dapur umum, tenda pengungsian, dan logistik bagi para pengungsi.
“Untuk logistik pihaknya sudah mempersiapkan dengan makanan siap saji,” Tambahnya.
Sementara sepertihalnya diungkapkan oleh Bupati Ngawi terkait relawan, BPBD juga telah memberikan pelatihan kepada relawan di daerah yang seringkali terjadi bencana bencana banjir.
“ Para relawan ini telah di latih dengan penanganan evakuasi korban, hingga menangani korban di posko evakuasi,” Tegasnya. (Ard)

Read 173 times