Now playing

Rate this item
(0 votes)
Pos Cemoro Sewu. Celana korban meninggal di puncak Gunung  Lawu dikenali oleh rekan korban (Foto oleh Adhima Sukoco untuk Rasifm) Pos Cemoro Sewu. Celana korban meninggal di puncak Gunung Lawu dikenali oleh rekan korban (Foto oleh Adhima Sukoco untuk Rasifm)

Dari Celanda Dalam, Pendaki Yang Tewas di Puncak Gunung Lawu Dievakuasi melalui Pos Cemoro Kandang

By Published July 08, 2020

RASIFM,MAGETAN - Evakuasi pendaki yang ditemukan tewas di kawasan Puncak Gunung Lawu dilakukan melalui pos Cemro Kandang di Jawa Tengah. Korban sebelumnya dilaporkan ke base camp di Puncak Lawu terpisah dari rombongan pada hari Minggu sore pukul 17:00 WIB. “ Upaya evakuasi sampai di Pos Cemoro Kandang sekitar pukul 24:30 WIB dan langsung dibawa ke Karang anyar untuk visum,”
diduga merupakan pendaki yang dilaporkan terpisah dari rombongannya. Asper BKPH Lawu Selatan Marwoto mengatakan, dari ciri ciri pakaian yang dikenakan korban yang tewas di Punca Gunung Lawu sama dengan korban yang dilaporkan terpisah dari rombongannya. “ Berdasarakan ciri orang yang membawa foto dan sudah sampai TKP mengarah ke korban yang dicari,” ujarnya di Pos Cemoro Sewu Senin malam (06/07/2020).
Rencananya evakuasi korban tewas di puncak Gunugn Lawu akan dibawa turun melalui Pos Cemoro Kandang, Jawa Tengah. Cuaca Gunung Lawu yang turun hujan sejak pukul 16:00 WIB sempat membuat upaya evakuasi terhambat. “ Untuk evakuasi infonya turun di Cemoro Kandang.. Untuk cuaca dari atas dilaporkan hujan gerimis sejak sore,” imbuh Marwoto.
Dari keterangan rekan korban, rombongan n pendaki dari Kabupaten Karanganyar berjumlah 6 orang 1 diantaranya adalah perempuan naik ke puncak Gunung Lawu pada hari Sabtu (04/07) pukul 16:00 WIB. Rombongan sampai di puncak pada pukul 22:00 WIB dan membuat 2 buah tenda. Sekitar pukul 03:00 WIB, pendaki perempuan merasa akan buang air kecil dan membangunkan rekan rekannya. Saat itu korban bangun dan mengantar ke semak semak. “ Setelah selesai buang air kecil korban tidak kelihatan, rekan korban kemudian mencari keberadaan korban,” ucap Marwoto.
Upaya pencarian rekan korban ke Hargo Dalem, Pasar Dieng, hingga Hargo Tiling hingga Hari Minggu pukul 13:00 WIB tidak membuahkan hasil. Pukul 17:00 WIB ketua rombongan melaporkan salah satu anggotanya terpisah dari rombongan ke base camp di Puncak Lawu. Pada Hari Senin pukul 11:00 WIB salah satu anggota relawan KPH Lawu Selatan menemukan seorang pendaki yang telah tewas di pinggir jurang tak jauh dari kawasan puncak Gunung Lawu.(ADM)

Read 65 times