Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
Dari Kaktus Pemuda Selopuro Ngawi, Raup Jutaan Rupiah

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Penggiat hobby kaktus menunjukkan koleksi milik Yahyan dengan tafsiran harga jutaan rupiah Penggiat hobby kaktus menunjukkan koleksi milik Yahyan dengan tafsiran harga jutaan rupiah

Dari Kaktus Pemuda Selopuro Ngawi, Raup Jutaan Rupiah

By Published April 12, 2021

BAHANAFM,NGAWI- Tanaman Kaktus awalnya diketahui hanya dengan model dan jenis yang biasa saja, namun ditangan Yahyan Santoso 33 th warga asal Desa Selopuro, Kecamatan Pitu Ngawi dirubah menjadi tanaman dengan harga jutaan rupiah. Tanaman kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang tidak memerlukan perawatan khusus asal mendapatkan sinar matahari penuh serta nutrisi cukup bisa memunculkan karakter dari tanaman tersebut.
“ Keahlian tidak ada, hanya ketelatenan tanaman kaktus yang saya miliki ini dari hasil mengkawinkan antara kaktus satu dengan yang lain sehingga memunculkan varian baru,” Ungkap Yahyan Santoso. Senin (15/03/2021).
Dijelaskan Yahyan demikian panggilan akrabnya koleksi kaktus yang dimilikinya sengaja dengan kelas premium, pasalnya pembudidaya akan merasakan untung dari pembibitan hingga pembesarannya. Kaktus dengan jenis pink demon, day dream, star fire, red tiger, aurora hingga miha T31115 menjadi beberapa koleksi miliknya yang menjadi incaran para kolektor dan penghoby tanaman gurun ini. Bahkan koleksinya ini terjual hingga ke luar negeri, Negara dibelahan asia menjadi salah satu penyumbang permintaan terbanyak selain Meksico, Amerika dan Timur Tengah.
“ Alhamdulillah koleksi saya sudah merambah hingga luar negeri, selain pembibitan yang memang super hasil perkawinan silang kaktus juga di cari para kolektor,” Tambahnya.
Selain tidak memerlukan banyak air, kaktus memiliki keindahan tersendiri yakni bagus untuk dekorasi ruangan dan halaman rumah. Dari banyaknya manfaat tersebut, tidak heran jika banyak pebisnis yang memanfaatkan kaktus untuk meraup pundi-pundi rupiah. Dari penjualan tanaman kaktus pembibitan hingga pembesaran Yahyapun berhasil mengumpulkan omzet yang cukup besar. Tidak main-main ia perbulan menutup buku berhasil menjual 50 -70 juta. Karena permintaan yang semakin meningkat ia bersama warga mengelola untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
" Alhamdulillah, dari kaktus ini perbulan omzet yang di dapat dengan kisaran Rp 5-10 juta per bulan," Tegasnya.
Nando salah satu pengiat kaktus pemula dengan beragam koleksinya dimilikinya, sudah memiliki pelanggan tetap dari seputaran local Ngawi, Madiun, Magetan dan beberapa di wilayah Jawa Tengah. Secara reguler ia mengirimkan pesanan ke seluruh rekanannya tersebut dengan nilai jutaan rupiah.
Kaktus yang dimilikinya masih cenderung biasa hanya beberapa yang premium namun ia sudah pernah menjual bunga dengan harga bervariasi mulai Rp 30 ribu sampai Rp 500 ribu tergantung kaktusnya. Apalagi koleksinya termasuk jenis-jenis private collection yang memiliki kelas berbeda. Ia juga menerima pembelian baik untuk perorangan maupun pengiriman ekspedisi.
“Kami ada berbagai macam jenis koleksi, ada yang tanaman outdoor yang biasanya untuk taman, ada indoor untuk rumah-rumah pribadi, dan ada pula private collection yang biasanya pembelinya juga orang atau kalangan tertentu,” Ungkap Nando. (Ard)

Read 6 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries