Now playing

Rate this item
(0 votes)

Hari Jadi Ngawi 661, Forpimda Ziarah Rutin Leluhur

By Published July 02, 2019

NGAWI- Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar ST, bersama ( Forum Pimpinan Daerah) forpimda mengadakan ziarah ke makam leluhur atau sesepuh Ngawi, Selasa (02/7/2019). Ziarah makam leluhur bagi jajaran Pemkab Ngawi sudah menjadi agenda rutin tiap tahunnya. Di antaranya makam Pahlawan, makam RM Tumenggung Poerwodiprodjo (Bupati Ngawi 1887-1902), makam R Adipati Kertonegoro, makam Patih Pringgo Koesoemo, serta makam R Patih Ronggolelono dan Putri Cempo. 

 

Menurut Ony demikian panggilan akrab wakil Bupati,  Hal ini tidak bisa ditinggalkan, karena sangat penting. Kegiatan ini sebagai salah satu tradisi dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Ngawi ke- 661 tahun 2019. Sebelum melakukan segala kegiatan yang berkaitan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Ngawi. Hal ini sudah menjadi tradisi semenjak dari para pemimpin di Ngawi mulai dari dahulu. “ Kegiatan ini sudah rutin turun temurun sejak dulu menjelang hari jadi Ngawi, dan sebelumnya sudah dilakukan jamasan pusaka,” ungkap Ony Anwar Wakil Bupati Ngawi.

Wakil bupati Ngawi manambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya sehingga dapat teruskan dari generasi ke generasi muda selanjutnya. Ziarah makam leluhur yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi bersama jajaranya termasuk Kapolres Ngawi dan Dandim 0805 Ngawi.

Makam yang di ziarahi antara lain Taman Makam Pahlawan (TMP), Makam RM Tumenggung Poerwodiprodjo (Bupati Ngawi 1887-1902), makam Raden Adipati Kertonegoro di Gunung Sarean Sine. Juga makam Raden Patih Ronggolono dan Putri Cempo di makam Desa Tawang Rejo Ngrambe dan salah satu tokoh di Kabupaten Ngawi yakni Ki Soemodarmodjo mantan Kepala Desa (Kades) Babadan, Kecamatan Paron.(Ard)

Read 63 times