Now playing

Rate this item
(0 votes)
Bupati Ngawi menyerahkan secara simbolis remisi kepada perwakilan narapidana Lapas IIB Ngawi Bupati Ngawi menyerahkan secara simbolis remisi kepada perwakilan narapidana Lapas IIB Ngawi

Hari Kemerdekaan, 242 narapidana Lapas II Ngawi Terima Remisi

By Published August 18, 2020

BAHANAFM,NGAWI - Sebanyak 242 Warga Binaan Lembaga Kemasyarakatan Kelas IIB Ngawi mendapatkan Remisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Penyerahan Surat Keputusan Pemberian Remisi bagi ratusan warga binaan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Ngawi Budi Sulityono kepada perwakilan warga binaan Lapas IIB Ngawi. Kegiatan ini berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, mengingat kondisi Ngawi tengah dilanda pandemi, Kegiatan penyerahan remisi dilaksanakan sesuai dengan protocol kesehatan pencegahan COVID-19. Penyerahan remisi ini dilaksanakan setelah upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan di pendopo widya graha Pemkab Ngawi. Senin (17 Agustus 2020)
“ Seperti ditahun-tahun sebelumnya remisi ini diberikan kepada narapidana lapas IIB Ngawi, hanya saja tempatnya yang berbeda,” Ungkap Budi Sulistyono Bupati Ngawi usai penyerahan secara simbolis.
Mengutip pidato Bupati Ngawi menyampaikan, bahwa salah satu hak yang dimiliki oleh pelanggar hukum adalah hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana. Remisi merupakan hak yang telah di atur dalam perundangan bahwa setiap narapidana mempunyai hak untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana. Bupati mengharapkan kepada narapidana yang mendapatkan remisi ini untuk menjadi semangat tersendiri, semakin dekat berkumpul dengan keluarga dan masyarakat. Semoga bekal pendidikan dan pengalaman kerja berada dilapas IIB Ngawi, untuk meniti kehidupan yang lebih baik.
"Semoga para narapidana ini menjadi sosok dan semangat baru untuk segera bersosialisasi diluar penjara, menjadi individu yang baik agar tidak kembali di balik jeruji,” Tambahnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Ngawi, Kepala Komandan Kodim 0805 Ngawi, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kepolisian Resort Ngawi.
Sementara dijelaskan oleh Kasi Binadik dan Giatja Lapas IIB Ngawi Denie Kamiswara 242 narapidana yang mendapatkan remisi, di dominasi kasus narkotika, kasus perlindungan anak dan pencurian. Besaran remisi untuk Lapas IIB Ngawi dari 1 hingga 5 bulan.
“ Dari 242 tersebut, 151 dengan kasus pidana khusus sedangkan 91 narapidana kasus tindak pidana umum,” Tegas Denie. (ard)

Read 8 times