Now playing

Rate this item
(0 votes)
Petugas  tengah melakukan pendataan dengan APD (Alat Pelindung Diri) Petugas tengah melakukan pendataan dengan APD (Alat Pelindung Diri)

Hasil Coklit Data PPDP, Belasan Ribu Pemilih di Ngawi Bertambah

By Published October 05, 2020

BAHANA,NGAWI- Tertanggal 13 Agustus 2020, Petugas panitia pemutakhiran data pemilih(PPDP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi, telah usai dengan hasil pencocokan dan penilitian ditingkat desa sedikitnya 17.594 alami penambahan jumlah pemillih. Diungkapkan oleh Prima Aquina selaku ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngawi, penambahan ini dari hasil coklit PPBP mencapai 722.686 pemilih dikurangi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dan daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan umum legeslatif 2019 mencapai 705.092 pemilih.
“Daftar pemilih mencapai 722.686 ini didapat dari DP4 disandingkan dengan DPT Pemilu terakhir pemilih,” Ungkap Prima Aquina selaku ketua KPU Ngawi, Sabtu(22/08/2020)
Ditambahkan oleh ketua KPU Ngawi mengatakan, temuan pemilih memenuhi syarat (MS) tersebut setelah PPDB melakukan pendataan di berbagai desa menyesuaikan jumlah TPS yang ada di Kabupaten Ngawi. Bagi pemilih MS yang belum memiliki kartu tanda pengenal atau KTP akan di ajukan ke pemerintah desa untuk dapat di kafer pemenuhannya, sebagai salah satu prasyarat memberikan hak pilihnya di pemilihan kepala daerah dan wakil daerah serentak lanjutan 2020.
“ Saat sekarang masih proses ditingkat kecamatan kemudian kabupaten, namun berdasarkan laporan coklit data pemilih pilkada 2020 yang belum memiliki e- KTP masih banyak sehingga diajukan untuk perekaman,” Tambah Prima demikian panggilan akrab ketua KPU Ngawi saat dihubungi melalui HP.
Terkait masih banyaknya calon pemilih memenuhi syarat belum memiliki E-KTP atau surat keterangan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil, sementara daftar pemilih dari PPDB masih pleno di tingkat desa, yang kemudian tingkat kecamatan dilanjutkan ke Kabupaten.
“ Saat ini daftar pemilih masih proses pleno, bulan oktober dijadwalkan penetapan daftar pemilih,” Tegasnya. (Ard) 

Read 12 times