Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
Hasil Rapat Pleno KPU, Paslon Ony – Antok Unggul Telak Dari Kotak Kosong di Pilkada Ngawi

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Rapat pleno KPU Ngawi berjalan dengan lancar mengedepankan prokes Rapat pleno KPU Ngawi berjalan dengan lancar mengedepankan prokes

Hasil Rapat Pleno KPU, Paslon Ony – Antok Unggul Telak Dari Kotak Kosong di Pilkada Ngawi

By Published January 16, 2021

BAHANAFM,NGAWI - Perhitungan suara hasil pemilhan kepala daerah KPU Ngawi, berakhir sore tadi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ony Anwar Harsono dan Dwi Riyanto Jatmiko menang telak atas lawannya kotak kosong di Pilkada Ngawi 2020. Hal tersebut berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi, diaula Notosuman Desa Watualang, Kecamatan Ngawi, Rabu (16/12/2020).
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ony-Antok memperoleh 471.082 suara atau 94,42 persen. Sedangkan kotak kosong memperoleh 27.831 suara atau 5,58 persen.

Perjuangan paslon OK ini sungguh luar biasa karena mempertaruhkan dukungan politik melawan kotak kosong. Pasalnya apabila dimenangkan oleh kotak kosong, Kabupaten Ngawi akan dipimpin oleh pejabat penunjukkan Mendagri selama 5 tahun kedepan. Dalam Pilkada Ngawi, jumlah suara sah sebanyak 498.913 suara dan tidak sah sebanyak 32.410 suara. Adapun jumlah DPT Kabupaten Ngawi ada sebanyak 688.775 pemilih.

"Dari hasil rapat pleno tersebut, KPU sudah menetapkan perolehan suara untuk pemilihan Bupati dan wakil bupati 2020. Untuk pasangan Ony Anwar Harsono – Dwi Riyanto Jatmiko 471.082 suara dan kotak kosong 27,831 suara," Ungkap Ketua KPU Ngawi, Prima Aequina S, Rabu Sore (16/12/2020).

Prima menambahkan rapat pleno KPU Ngawi dilaksanakan dengan pengamanan ketat oleh pihak petugas dan mengedepankan protocol kesehatan pencegahan paparan covid 19. Usai tahapan selanjutnya adalah penetapan pasangan calon terpilih. Penetapan inipun, Tegas Prima dilakukan jika tidak ada potensi atau perkara sengketa hasil pemilihan di Mahkamah Konstitusi (MK).
"Untuk memastikan hal tersebut KPU Ngawi, menunggu pencatatan perkara oleh MK di buku register perkara konstitusi (BRPK). Kalau lihat jadwalnya di tahapannya MK pencatatan BRPK tanggal 18 Januari 2021," Tegas Prima.

Dari hasil rapat pleno tersebut, Kecamatan Kasreman Ngawi dengan hasil pencapaian pemilih yang bisa dikatakan luar biasa pasalnya dalam 1 kecamatan pemilih kotak kosong tidak ada alias nol. DPT kecamatan Kasreman sejumlah 19.770 pemilih pasangan OK memperoleh 18.950 suara dengan suara tidak sah 96 surat suara. Tidak hanya itu saja, jumlah pemilih mengalami penambahan jumlah pemilih. Saat dikonfirmasikan kepada Ketua Panitia Pemungutan (KPPS) Kasreman penambahan tersebut dari para pemilih pindahan yang menbawa surat keterangan dan KTP.
“ Iyah memang ada penambahan itu dari pemilih pindahan dan berpenduduk Kecamatan Karsreman,” Jelas Arbangi KPPS Kasreman.
Sementara Ketua Bawaslu, Ngawi Abjudin saat hendak ditanyakan perihal evaluasi pelaksanaan Pilkada Ngawi dalam pemantauan pengawas pemilu terkesan menghindar dari kejaran media dan menyibukkan diri dengan menerima telpon. (ARD)

Read 194 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries