Now playing

Rate this item
(0 votes)

Hilang Kendali, Xenia Masuk Jurang, 2 Balita Selamat

By Published August 03, 2019

NGAWI - Jumari (37) dan Istrinya Sutini (32) bersama Ilham (10) Tira (1,5) mengalami luka ringan hingga berat setelah mengalami kecelakaan di jalan raya masuk Desa Kendal, Kecamatan Kendal Ngawi. Rabu (31/7/2019)
“ Diduga penyebab kecelakaan karena hilang kendali pengemudi saat tanjakan jalur Kendal yang terkenal tajam “ Jelas Anwar saksi warga
Dari informasi yang kami himpun kendaraan xenia dengan nopol AE 1167 KO melintas dari arah timur ke barat sesampai dilokasi tiba-tiba kendaraan oleng masuk ke jurang dengan jurang dengan kedalaman 10 meter. Untung saja jurang yang berada di lokasi ini bukan jurang yang terjal sehingga body kendaraan tidak terlalu mengalami kerusakan yang parah.

“ kendaraan oleng ke kekiri dan kanan, langsung terjeremus ke jurang.” Tambah Narto kepala dusun setempat.
Akibat kejadian tersebut, Jumari dan Suntini serta 2 balita anak korban yang terdaftar sebagai penduduk Desa Sidorejo Kecamatan Kendal ini, mengalami luka ringan hingga berat usai kejadian langsung mendapatkan perawatan dari tim medis puskesmas Kendal. Pihak petugas dengan dibantu tim evakuasi cukup membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menarik kendaraan dari jurang.

Understeer yang acapkali dialami oleh pengemudi seringkali mengakibatkan kecelakaan mendasar hal tersebut alangkah kami sedikit, memberikan tips untuk mengantipasinya.
1. Kendalikan respons alami anda agar penumpang aman
Disaat kendaraan tergelincir, respons anda mungkin secara refleks memutar kemudi ke arah yang berlawanan dan sesegera mungkin menginjak pedal rem. Kedua tindakan tersebut memang respons alami Anda. Ingatlah bahwa kedua hal tersebut justru akan membahayakan Anda dan penumpang bisa mengakibatkan kecelakaan.
2. Kenali keadaan situasi sekeliling anda
Disaat kendaraan anda mengalami understeer apakah benar itu diakibatkan karena kerusakan atau kesalahan pada roda kemudi sehingga kontrol pada mobil jadi hilang? Kendalikan mental Anda terlebih dahulu. Tarik nafas dan keluar dengan panjang agar rileks. Kemudian cobalah untuk memutar-mutar kemudi. Bila masih tidak bisa dikendalikan, segeralah fokus dengan mengenali keadaan sekeliling anda. Lihat apa yang ada di sekitar mobil Anda apakah anda di jalur yang aman untuk pengeriman. Nilailah apakah kondisi sekitar memungkinkan untuk melakukan pengereman kendaraan anda.
3. Jangan Menginjak Rem Terlalu Kencang
Reflek mengarah pada kesalahan ini yang paling sering dilakukan pengemudi sehingga menyebabkan kecelakaan. Mengerem mendadak ketika berbelok berisiko mengunci ban bahkan membuat mobil terpelanting dengan mudah. Anda hanya boleh mengerem dengan tujuan untuk mengurangi kecepatan mobil, bukan berhenti. Lakukan secara perlahan dan bertahap bukannya mendadak.
4. Refleks Lepaskan pedal gas
Disaat understreer jangan sedikitpun menginjak pedal gas dan pedal kopling. Dua pedal tersebut bukannya menghentikan dan menstabilkan laju kendaran bahkan sebaliknya. Namun biarkan mesin yang akan memperlambat laju kendaraan. Menginjak pedal gas hanya akan mempercepat laju kendaraan. Sedangkan menginjak kopling membuat kendaraan melaju bebas tanpa aturan. Sehingga sedikit demi sedikit perkecil penggunaan pedal gas dan mengikuti alur kendaraan.
5. Putar kembali roda kemudi
Jangan terburu-buru memnbuat stabil kendaraan anda, perlahan dengan tenang, kembalikan posisi kemudi hingga roda mengarah lurus. Bila Anda berada di tikungan, belokkan kemudi ke arah mobil tergelincir secara perlahan. Hal ini akan membuat roda Anda kembali mencengkeram jalan sehingga membantu kendaraan untuk berhenti secara perlahan.

6. Bila kembali normal jangan lupa bersyukur (ard)

Read 31 times