Now playing

Rate this item
(0 votes)
Petugas bersama warga membersihkan reruntuhan tanah agar bisa dilalui warga kembali Petugas bersama warga membersihkan reruntuhan tanah agar bisa dilalui warga kembali

Hujan Semalam, Akibatkan Longsor di Sine Ngawi

By Published January 21, 2021

BAHANAFM,NGAWI - Beberapa hari terakhir  ini curah hujan di wilayah Ngawi mengalami peningkatan intensitas yang cukup tinggi, hal itu mengakibatkan bencana tanah longsor khususnya di daerah rentan dengan pergerakan tanah. Sepertihalnya kejadian yang terjadi di jalanan masuk  Dusun Polo, Desa Hargosari, Kecamatan Sine, Kamis (21/01/2021).

Bencana tanah longsor  di jalan tersebut mengakibatkan warga yang hendak beraktifitas  tidak bisa melalui jalur tersebut,  pasalnya jalan tergerus karena aliran air dan tumpukan tanah menutupi akses.

“ Longsoran ini diakibatkan  karena hujan sebelumnya yang cukup deras. Kendati jauh dari jalur utama namun jalan ini menjadi jalur 6 KK menuju desa sebelah,”  Ungkap  Kapolsek Sine Ngawi, AKP Farid Sidarta. Kamis (21/01/2021)

Akibat longsoran tanah itu memutus jalan satu-satunya yang menghubungkan RT 02/02 Dusun Polo. Sedikitnya  terdapat 6 KK yang sempat terisolir semalaman  hingga pihak petugas dari TNI, Polri bersama warga bergotong royong memindahkan tanah yang menutupi akses jalan.

“ Karena akses jalan tertutupi tanah kita para petugas dari  TNI dan Polri bersama warga, gotong royong membersihkan reruntuhan tanah agar setidaknya bisa kembali dilalui,”  Tambah Farid demikian panggilan akrab Kapolsek Sine Ngawi.

Hargosari hanyalah satu di antara beberapa desa di Kecamatan Sine yang rentan terkena bencana longsor. Letak geografis Kecamatan Jogorogo, Kendal, Ngrambe dan Sine merupakan daerah di lereng Gunung Lawu membuat sebagian kondisi tanahnya mudah bergerak karena tergerus air.

Kapolsek Sine, AKP Farid Sidarta, berharap kepada warga tetap hati-hati dan waspada saat musim penghujan seperti halnya sekarang. Kewaspadaan ini diperlukan terutama di permukiman warga yang tinggal di kawasan berbukit.

“ Kendati tidak mengakibatkan korban jiwa kejadian ini menjadi kewaspada bersama warga dengan situasi musim penghujan saat sekarang,” Tegasnya. (ARD)

Read 54 times