Now playing

Rate this item
(0 votes)
Forpinda Ngawi meresmikian kampung tangguh semeru tanggap covid 19 di Desa Kawu, Paron Ngawi Forpinda Ngawi meresmikian kampung tangguh semeru tanggap covid 19 di Desa Kawu, Paron Ngawi Ardian Febri Tri H

Kanang Ajak Warga Ngawi Untuk Mencontoh Dawu Menjadi Desa Tangguh

By Published June 06, 2020

Kanang Ajak Warga Ngawi Untuk Mencontoh Dawu Menjadi Desa Tangguh

BAHANAFM,NGAWI –  Guna memerangi penyebaran covid -19 di Kabupaten Ngawi, Forpinda membangun Kampung Tangguh Semeru Tanggap Covid -19 di  Desa Dawu, Kecamatan Paron. Lounching  ini dilakukan bersama-sama oleh Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Kapolres Dicky Ario Yustisianto, Dandim 0805 Hany Mahmudi.   Dihadapan para undangan perwakilan kepala desa se – Kabupaten Ngawi, Camat dan TNI -Polri, Kanang demikian panggilan akrab Bupati Ngawi Kampung Tangguh dinilai sebagai contoh implementasi dari revolusi mental dengan mengusung semangat gotong royong seperti tampak pada Kampung Tangguh Desa Dawu.

“ Kesiapan desa Dawu ini, sudah terbukti dalam mengantisipasi mengantisipasi penyebaran covid-19 dimulai dari desa, warganya serta kesiapan dalam pangan,” Ungkap  Bupati Ngawi Budi Sulistyono.

Kampung tangguh sendiri pada hakekatnya sudah dilakukan di desa-desa se- Kabupaten Ngawi, hanya saja di desa Dawu ini sudah siap dalam menghadapi bencana, siap mencegah, siap mengantisipasi, siap juga dalam segi pangan yang menunjang kehidupan warganya.  Sebab pendirian kampung tangguh tanggap ini dibangun atas semangat gotong royong dan mengedepankan partisipasi masyarakat tidak hanya kepala desanya saja.

Dengan demikian, penyebaran virus membahayakan tersebut dicegah dengan semangat kebersamaan masyarakat dari klaster terbawah yakni desa.

“ Desa - desa di Ngawi sudah wajib masker, wajib cuci tangan, dan menjaga jarak. Hanya saja kesediaan pangan yang di kelola dengan baik terdapat di Desa Kawu,” Tambahnya.  

Pencegahan dan memerangi dari wabah virus Covid -19 tidak hanya peran pemerintah saja, tetapi adanya semua elemen masyarakat, perangkat desa, lembaga swadaya masyarakat, dan stakeholder yang ada  dilibatkan. Semoga dengan apa yang dilakukan oleh perangkat dan warga Desa Dawu ini sebagai pilot project untuk desa lainya.

“ Desa Dawu ini sebagai contoh, dan semoga ini dilakukan semua di desa di Kabupaten Ngawi,” Tegasnya.

Sementara Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto  saat dikonfirmasi ditempat yang sama, mengharap dengan adanya Kampung Tangguh Semeru Tanggap Covid-19 yang merupakan gagasan dari Kapolda Jatim Irjen Muhamad Fadil Imran.  Dapat diimplentasi di semua desa di Jawa Timur, kampung tangguh ini mempunyai role model penanganan penyebaran covid 19 dari tracing dan testing lebih mudah karena ada dukungan dari masyarakat. Melihat dampak positif kampung tangguh, diharapkan desa lain dapat melakukan hal serupa dengan memenuhi kriteria tangguh kesehatan, SDM, logistik pangan, informasi, keamanan, psikologi, dan budaya.

"Kalau ini dikembangkan sangat efektif, kalau setiap desa memiliki tujuh ketangguhan tadi, dengan semangat gotong -royong insyaallah menjadi kekuatan yang luar biasa di Kabupaten Ngawi yang mampu dalam mengansipasi penyebaran covid 19," Jelas Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto.

Kapolres Ngawi, menargetkan 5 desa tangguh lagi di Kabupaten Ngawi kampung tangguh ini diyakini dapat menangkal penyebaran virus Corona dan virus lainnya. Karena terbiasa dengan mengantisipasi bencana. Sehingga secara tidak langsung bisa melakukan aktivitas dan beradaptasi dengan situasi pasca bencana. Penanganan COVID-19 ini  harus melibatkan semua pihak, oleh karena itu ia mengapresiasi sinergi yang dilakukan pemerintah daerah, TNI, Polri dan seluruh komponen masyarakat.

“ Setelah Desa Kawu, saya menargetkan 5 desa serupa agar Kabupaten Ngawi tangguh dalam segala bencana yang dihadapi,” Tegasnya. (ARD)

Read 101 times