Now playing

Rate this item
(0 votes)
Bupati Ngawi tengah menjadi irup Hari Pahlawan di Pendopo Widya Graha Pemkab Ngawi Bupati Ngawi tengah menjadi irup Hari Pahlawan di Pendopo Widya Graha Pemkab Ngawi

Kanang Berpesan Hargailah Pahlawanmu dan Isi Kemedekaannya Dengan Yang Positif

By Published November 10, 2020

BAHANAFM,NGAWI - Hari ini, 10 November 2020, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan ke-75.  Tepat Hari ini 75 tahun yang lalu 10 November 1945, kegigihan arek-arek Surabaya dalam perjuangannya melawan serangan pasca kemerdekaan yang di lakukan sekutu. Membuat hari ini di tetapkan sebagai  Hari Pahlawan  untuk mengenang semangat berperang dan mempertahankan Indonesia dari tangan penjajah. Selalu diperingati tiap tahunnya di tanggal ini. Budi Sulistyono selaku Bupati Ngawi usai melaksanakan upacara hari pahlawan  di tengah pandemic covid -19, dengan mengutip pesan dari para pahlawan. Bahwa dahulu musuh utama adalah para penjajah dan jelas terlihat, sekarang dengan mengisi kemerdekaan dengan memperjuangan kesejahteraan sesama dan membantu warga yang terpapar covid 19 adalah jiwa seorang pahlawan di era sekarang ini tak lepas dari sifat  menerima, menghormati dan menghargai sesama.   

“ Dahulu musuh kita jelas yakni penjajah, tapi sekarang kita harus memiliki jiwa seorang pahlawan untuk membantu sesama,” Ungkap Budi Sulityono,Selasa (10/11/2020)

Sejarah menjelaskan Hari Pahlawan yang kerap diperingati setiap 10 November itu bermulai dari peristiwa 10 November 1945.Pada saat itu terjadi sebuah pertempuran antara militer Indonesia dengan tentara dari Inggris dan Belanda di Surabaya. Pertempuran itu menewaskan setidaknya 6.000 sampai 16.000 pejuang Indonesia.

Karena banyaknya pejuang yang tewas hari itu, maka ditetapkanlah 10 November sebagai hari nasional yaitu Hari Pahlawan, melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Untuk generasi milineal Kanang demikian panggilan akrab Bupati Ngawi berpesan, dalam memperoleh kemerdekaan ini banyak hal  yang dikorbankan.  Tidak dapat di sebutkan dari jumlah materi, nyawa, sodara keluarga bahkan orang tersayang kita banyak sekali. Untuk itu mari kita bersama mengisi kemerdekaan dengan sungguh-sungguh mengisi dengan hal yang positif.

“ Mempertahankan republik ini tidak mudah tidak gampang, tantangan berbeda musuh berbeda sehingga hal itu dicamkan dihati nurani dengan baik,” Tegasnya.  (*)

Read 72 times