Now playing

Rate this item
(0 votes)

Konflik Wamena, Perantau Asal Ngawi Memilih Pulang Kampung

By Published October 18, 2019

NGAWI – Konflik berkepanjangan dan belum menunjukkan penyelesaian antar warga di Wamena Kabupaten Jayawijata Papua, cukup membuat warga non Papua berpikir dua kali bila untuk tinggal lama. Eksodus dari Wamena kembali ke daerah masing-masing sudah terjadi pasca kerusuhan terjadi 3 pekan lalu, hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan menimpa mereaka. Seperti halnya kemarin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ngawi menerima datangnya 7 pengungsi asal Ngawi dari Wamena. Ketujuh warga ini, merupakan satu keluarga berangkat dari Wamena mendarat di Surabaya, kemudian dijemput petugas Dinas Sosial serta diantarkan sampai kampung halaman mereka di RT 02/01 Dusun Sumberagung, Desa Jatigembol, Kecamatan Kedunggalar.
“Setelah dilakukan pendataan oleh petugas, satu keluarga ini diantarkan kekampung halamannya “ Ungkap Tri Pudjo Handono, selaku Kepala Dinsos Ngawi.(18/10/2019)
Dijelaskan oleh Pudjo kedatangan pengungsi dari Wamena asal Ngawi ini, merupakan baru pertama kali pasca terjadinya konflik di wilayah tersebut. Eriek Saputra selaku kepala kelurga mengaku takut dan was- was untuk bertempat tinggal di Wamena, sehingga memutuskan kembali ke Ngawi.
“pendataan yang dilakukan para petugas Dinsos ini untuk mengkafer kebutuhan pendidikan para pengungsi “ Tambah Pudjo.
Guna menunjang kebutuhan sehari-hari, Dinsos memberikan bantuan pangan berupa sembako kepada keluarga Saputra.
Dari data yang kami peroleh warga Wamena asal Ngawi tersebut adalah Eriek Saputra dan istrinya bernama Supriatin beserta tiga anak mereka yakni Galang Prasetya, Gilang Daniawara dan Giuta Anggraini serta dua orang keponakan yakni Dandhi Setyawan dan Jodie Setyawan. (ard)

Read 199 times