Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
Koperasi Ngawi Tani Mandiri, Menjadi Pilot Project Pertanian Ramah Lingkungan

Now playing

Rate this item
(0 votes)
MoU KNTM untuk peningkatan petani Ngawi berkelanjutan MoU KNTM untuk peningkatan petani Ngawi berkelanjutan

Koperasi Ngawi Tani Mandiri, Menjadi Pilot Project Pertanian Ramah Lingkungan

By Published April 24, 2021

BAHANAFM,NGAWI – Koperasi Ngawi Tani Mandiri  (KNTM) bentukan kumpulan gapoktan dan poktan dengan wadah para pengusaha muda Ngawi, yang mulai melirik bisnis di bidang pertanian. Seperti diungkapkan ketua KNTM Galih Wiranegara, koperasi  ini sebagai hasil korporasi mandiri,  antara perkumpulan petani dan pengusaha muda. Dalam intinya membantu para pelaku pertanian untuk lebih fokus dalam pemasaran,  dengan harapan hasil akhir pendapatan bisa meningkat lagi.

“Korporasi bersama dengan harapan membantu petani lebih fokus dalam pemasaran,sehingga petani Ngawi lebih meningkat hasilnya,” ungkap Galih, Jumat petang (23/04/2021)

Galih menambahkan dalam 3 tahun kedepan, besar harapan KNTM sudah memiliki 1000 lebih anggota yang tersebar di seluruh Kabupaten Ngawi.  KNTM sendiri bersifat universal dengan metode onfarm dan offfarm, mulai dari penyediakan bibit, kegiatan pra dan pasca panen.  KNTM bekerja sama dengan PT Wilmar Padi Indonesia dan Bank Jatim, akan memberikan peluang bisnis luar biasa di Ngawi.

“Alhamdulilah kita dipercaya oleh 2 lembaga besar, KNTM yang masih baru lahir namun di percaya dalam pengelolaan modal,” tambahnya.

 Sementara Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menjadi saksi MoU bersama Ketua DPRD,antara KNTM dengan pihak ketiga,  berharap koperasi ini ikut andil dalam progam pemerintah daerah guna mewujudkan kemandirian pertanian ramah lingkungan berkelanjutan. Dengan adanya koperasi ini menjadi peluang  pertanian semakin terbuka, dibuktikan semakin banyak elemen masyarakat Ngawi ikut progam pemerintah daerah, maka tujuan pertanian ramah lingkungan terimplentasi dengan baik.

“ KNTM semoga ikut andil dalam progam pemerintah daerah dengan bentuk koperasi,” jelas Bupati Ngawi.

Sementara Yetty Fitria Suprapto selaku pimpinan cabang Bank Jatim Kabupaten Ngawi, mengaku, bahwa pihaknya memiliki komitmen siap membantu untuk penguatan koperasi ngawi tani mandiri. Suport tersebut sesuai dengan perannya di sistem perbankkan yakni membantu dalam bentuk  pembiayaan modal, sistem perbanyaran, sampai dengan suport yang lain. Pihaknya menilai Kabupaten Ngawi yang tercatat sebagai produksi beras no 2 di Jawa Timur dan no 6 se Indonesia, sudah sepatutnya bank jatim memberikan kontribusi kepada petani dalam usahanya.

“ Kami siap memberikan dukungan sepenuhnya untuk petani Ngawi, sesuai dengan anjuran Bupati,” tegas kapinca Bank Jatim Ngawi.  (ard)

Read 87 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries