Now playing

Rate this item
(0 votes)
Para tokoh Ngawi melakukan pernyataan dalam penolakan anarkisme dalam penyampaian aspirasi di pendopo widya grah pemkab Ngawi Para tokoh Ngawi melakukan pernyataan dalam penolakan anarkisme dalam penyampaian aspirasi di pendopo widya grah pemkab Ngawi

Lintas Agama Dan Ormas Ngawi Tolak Anarkisme Dalam Penyampaian Aspirasi

By Published October 16, 2020

BAHANAFM,NGAWI –  Maraknya aksi anarkis mengarah pada gesekan SARA,  dalam penyampaian aspirasinya. Beberapa tokoh dari lintas agama, ormas serta praktisi pendidikan mengelar temu bersama di Pendopo Wedya Graha Ngawi.   Dalam kesempatan berkumpulnya para tokoh tersebut melakukan pernyataan bersama mengecam tindakan anarkisme yang dilakukan pihak manapun dalam menyampaikan setiap aspirasi. KH Samsyudin Mustakim selaku ketua Takmir Masjid Baitulrahman Ngawi pihaknya cukup menyayangkan dengan apa yang terjadi saat sekarang, seseorang atau kumpulan orang begitu mudahnya terpicu emosi dan amarahnya dalam menyuarakan aspirasinya.

" Saat sekarang kita dan bahkan semua umat manusia dalam masa keprihatinan mendapat cobaan pandemi Covid-19, mendasar hal itu marilah kita bersama menyuarakan demokrasi tanpa harus bersinggungan dengan orang lain, "  Ungkap KH Samsyudin Mustakim Ketua Takmir Masjid Baiturahman Ngawi, Jumat (16/10/2020)

Dalam hal penyampaian gagasan serta pendapat jangan sampai meninggalkan adat  sebagai bangsa timur yang selalu mengendepankan penggunaan bahasa dan sikap yang baik. Pihaknya menambahkan alangkah baiknya dalam menyelesaikan masalah dengan cara duduk bersama untuk mencapai mufakat.

Sementara  Sugeng Hariyono selaku Ketua PSHT Cabang Ngawi ditempat yang sama mengungkapkan penyampaian aspirasi atau pendapat. Sebenarnya tidak harus dengan turun di jalan dalam penyampaian aspirasinya,  dengan cara dialihkan mengedepankan toleransi dan menghormati hak serta pendapat pihak lain. Sehingga paradigma para warga yang selama ini dianut dalam penyampaian aspirasi turun di jalanan  bisa sedikit diantisipasi.  

"Tidak ada larangan turun ke jalanan asalkan sudah mengantongi ijin kepada pihak berwajib tapi alangkah baiknya dengan duduk bersama menyampaikan pendapat hingga mencapai mufakat," Tambah Sugeng Hariyono.

Para tokoh masyarakat berharap dengan pernyataan sikap yang dilakukan oleh tokoh masyarakat dan agama ini bisa di tularkan kepada yang lain. Dengan penolakan  kekerasan, anarkisme dan intoleransi antar umat beragama dan perbuatan yang memicu gesekan SARA. (ARD)

 

Read 36 times