Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
Mahasiswa KKN UNIPMA, Bantu Warga Desa Kersoharjo Hadapi Pandemi

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Bersama warga sejumlah  Mahasiswa Unipma terjun ke tengah masyarakat Bersama warga sejumlah Mahasiswa Unipma terjun ke tengah masyarakat

Mahasiswa KKN UNIPMA, Bantu Warga Desa Kersoharjo Hadapi Pandemi

By Published February 12, 2021

BAHANA,NGAWI - Sejumlah mahasiswa Universitas PGRI Madiun, yang tergabung dalam kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang bertajuk KKN Tematik Bakti Negeri, melangsungkan sejumlah program-program kepada masyarakat desa Kersoharjo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kelompok 41 yang terdiri dari 20 Mahasiswa, yang berasal dari berbagai fakultas, menjalankan berbagai program untuk masyarakat, khususnya dalam menghadapi pandemi.
"Kita KKN mulai dari 5 Januari dan berakhir nanti tanggal 15 Februari nantinya. Kita mengusung tema KKN Tematik Bakti Negeri, sekaligus ini juga untuk menajalankan program pemerintah belajar mandiri." Jelas Wakil Ketua KKN Kelompok 41 UNIPMA, Arinda Aprilia Pratiwi.

Program tersebut tersusun atas empat tema (relawan covid, pemajuan umkm, pendidikan sosial, produksi) dan dibagi kembali atas lima bidang (kesehatan dan kebersihan, pendidikan sosial budaya, produksi sarana prasarana, covid-19), melaksanakan kegiatannya mulai dari tanggal 5 Januari -15 Februari 2021. Acara yang sudah mulai dilaksanakan adalah kerja bakti untuk penyemprotan disinfektan untuk rumah-rumah warga, pengolahan limbah rumah tangga menjadi cairan pembersih, serta perbaikan paving jalan sepanjang Jl.Mayang, Kersoharjo.
"Kita ada empat tema, yakni relawan covid, pemajuan umkm, pendidikan sosial, dan bidang produksi. Serta Lima bidang, yakni ; kesehatan dan kebersihan, pendidikan sosial budaya, produksi sarana prasarana, covid-19," Lanjut Arinda. Rabu (10/02/2021)
Selain itu, terdapat pula program harian yang dilaksanakan dibidang pendidikan, yakni bimbingan belajar untuk jenjang SD (Sekolah Dasar) dan TK (Taman Kanak-kanak). Untuk jenjang TK setiap harinya, terdapat tim yang membuat video pembelajaran yang nantinya diberikan kepada guru untuk dijadikan bahan ajar. Sementara di jenjang SD, diadakan pembelajaran terbuka dilingkungan sekitar, lalu setiap sorenya, diadakan pengajaran agama di lingkup Taman Pendidikan Al-Quran (TPA). Kemudian, khusus untuk jenjang SMA/SMK, diadakan pelatihan terkait aplikasi-aplikasi perkantoran, seperti Ms. Word, Excel, Power Point, dan Cloud.
"Salah satu program kita yang hari itu bimbingan belajar untuk jenjang SD, dan TK. Untuk TK nya nanti kita siapkan video pembelajaran yang nantinya diserahkan ke guru TK, kalau anak SD datang ke lokasi dan kita adakan pembelajaran bersama." Ungkap Arinda.
Pembelajaraan disaat pandemi covid-19 ini, memang merupakan salah satu hal yang diperhatikan dalam kegiatan ini. Maka untuk membantu masyarakat, diadakan webinar-webinar seputar pendidikan disaat pandemi, yang disampaikan langsung oleh para dosen di universitas terkait.
"Nanti kita ada webinar, dengan tema Perilaku Anak Selama Pembelajaran Daring. Itu salah satu pamterinya langsung dari dosen kita. Sasarannya adalah wali murid, karena kita rasa perlu edukasi kepada wali murid mengenai hal ini. Juga nantinya diberikan pembelajaran IT bagi wali murid, untuk mengahadapi pembelajaran dari dikala pandemi seperti saat ini." Pungkas Arinda Aprilia Pratiwi. (AQIL)

Read 167 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries