Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
Mahasiswa UNS Lakukan Edukasi, Potensi Desa Girimulyo di Masa Pandemi Covid-19.

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Koordinator kelompok KKN UNS tengah melakukan sosialisasi edukasi di Kantor Desa Girimulyo Koordinator kelompok KKN UNS tengah melakukan sosialisasi edukasi di Kantor Desa Girimulyo

Mahasiswa UNS Lakukan Edukasi, Potensi Desa Girimulyo di Masa Pandemi Covid-19.

By Published August 25, 2021

BAHANAFM,NGAWI-Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta  Jawa Tengah, tergabung dalam kegiatan KKN Tematik UNS Membangun Desa 2021.  Program kerja dari mahasiswa KKN ini kepada masyarakat desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 69 yang terdiri dari 9 mahasiswa FKIP UNS region Ngawi, menjalankan berbagai program yang bertujuan untuk membangun desa khususnya dalam menghadapi pandemi saat ini.

 

"Kebetulan aturan dari Universitas mengarahkan kalau KKN serentak ini dilakukan secara daring, Tapi dari kepala desa, mewajibkan kita untuk stay agar mencegah hal yang tidak diinginkan. Setelah koordinasi dengan Dosen Pembimbing, kita diperbolehkan untuk menjalankan program kerja kita untuk membangun desa dan menghadapi pandemi saat ini secara luring di Girimulyo." Jelas Ketua KKN Kelompok 69 UNS, Yusuf Budiman.

 

Pelaksanaan KKN tersebut dimulai pada tanggal 3-21 Agustus 2021. Adapun program kerja yang dilaksanakan, Terdiri dari proker utama yakni Edukasi Covid-19 dan 5M, serta Ecogreen. Kemudian proker penunjang seperti ; Pengembangan UMKM, Pendampingan Belajar, Masyarakat Berbudaya (Pelatihan tari, perawatan gamelan, mural), Penyuluhan pertanian dan peternakan, Pengelolaan website, dan membuat buku profil desa. Teruntuk Edukasi Covid-19 dan 5M, kelompok KKN UNS 69 ini diberikan mandat langsung oleh kepala desa Girimulyo supaya dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat desa yang terdiri dari 4 dusun secara menyeluruh.

 

"Untuk proker utama yaitu edukasi serta sosialisasi tentang covid-19 dan 5M, kita memang di tugaskan langsung oleh bapak kepala desa supaya setidaknya warga desa Girimulyo semuanya dapat ter-edukasi. Caranya, dengan kita melakukan sosialisasi dan edukasi di empat dusun yang ada, yaitu Giri, Gambang, Manyul, dan Kembang" Lanjut Yusuf, Senin (21/08/2021).

 

Edukasi Covid-19 dan 5M dari kelompok tersebut juga melibatkan bantuan dari tenaga kesehatan yang ada di desa Girimulyo. Hal tersebut bertujuan agar apa yang disampaikan nantinya tidak terdapat kekeliruan, dan supaya lebih menguasai tentang sasaran dan keadaan masyarakat desa. Kepala desa Girimulyo Nonot Tri Wahyono, disela kegiatan edukasi dan sosialisasi menegaskan kepada warganya, bahwa virus Covid-19 ini benar adanya. Seperti yang sudah diketahui bahwa terdapat simpang siur berita mengenai Covid-19 ini. Dan dengan tegas, kepala desa yang sudah dua kali menjabat tersebut menegaskan kepada warganya untuk tak termakan isu yang tidak benar dan lebih menjalankan prokes sebagaimana yang ditentukan.

 

"Apa yang disampaikan oleh narasumber tadi betul adanya. Jadi virus corona itu bukan mengada-ada. Ada salah satu, dua, tiga, empat dan seterusnya bahwa virus corona ini hanya retorika politik itu tidak benar." Ungkap Kepala Desa Girimulyo, Nonot Tri Wahyono (18/8/2021).

 

Dengan adanya edukasi dan sosialisasi dari mahasiswa KKN ini, Nonot Tri Wahyono selaku kepala desa Girimulyo berharap bahwa warga setelah ini dapat lebih peduli akan prokes, pencegahan, vaksin, dan penanganan terkait Covid-19. Selanjutnya dirinya juga berpesan kepada masyarakat yang hadir dalam sosialisasi yang diadakan oleh kelompok 69 KKN UNS ini juga dapat disebar-luaskan kepada warga lainnya, khususnya bagi keluarga masing-masing terlebih dahulu.

 

"Bagi semua yang hadir saat ini, silahkan mewakili nanti melakukan tindak lanjut dari kegiatan ini dengan menyebarluaskan kepada warga lingkungan yang lain." Pungkas Kepala Desa Girimulyo, Nonot Tri Wahyono. (Aqil)

Read 190 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries