Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
Menjadi Saksi Sertijab Bupati Ngawi, Gubernur Atensi Perhatikan Angka Kematian Ibu dan Anak

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Gubernur Jatim menjadi saksi penyerahan jabatan dari Plh Bupati ke Bupati Ngawi Gubernur Jatim menjadi saksi penyerahan jabatan dari Plh Bupati ke Bupati Ngawi

Menjadi Saksi Sertijab Bupati Ngawi, Gubernur Atensi Perhatikan Angka Kematian Ibu dan Anak

By Published March 05, 2021

BAHANAFM,NGAWI - Kurang lebih pukul 20.00 WIB, rombongan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa dan Wakil DPR Propinsi Sahat Tua Simanjutak tiba di Pendopo Wedya Graha Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Ngawi, usai menjadi saksi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo. Kedatangan orang nomer satu di Jawa Timur ini, menjadi saksi rapat paripurna istimewa (Sertijab) Plh Bupati Ngawi M. Shodig Tri W kepada Bupati terpilih hasil pemilihan kepala daerah tahun 2020 Ony Anwar Harsono. Dalam sambutannya yang dihadiri seluruh pimpinan dan anggota DPRD serta di saksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) pemkab Ngawi secara virtual, berpesan kepada Bupati Ony Anwar dan Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko untuk memprioritaskan mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Seperti mengutip himbauan Presiden Joko Widodo, pertama dengan meningkatkan kesehatan ibu dan anak melalui upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan kedua penurunan stunting. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bersama secara sinergis antara stake holder untuk mewujudkannya.
“ Meskipun sangat rendah AKI dan AKB di Kabupaten Ngawi, kepada Bapak Bupati dan ibu penggerak PKK harus bisa mengawal posyandunya agar diketahui perkembangan dari tingkat desa prevelensinya setiap bulan,” Ungkap Gubernur Jawa Timur. Kamis malam (04/03/2021)
Tambah Khofifah selain menyinggung progam peningkatan kwalitas SDM, pemprov Jatim berharap kepada pemerintah Kabupaten Ngawi untuk meningkatkan misi pengembangan wisata local berkalaborasi dengan penggiat media social agar lebih intens mempromosikannya. Hal ini berdasarkan Ngawi yang berencana melakukan percepatan pembangunan kawasan lingkar wilis, cukup memiliki potensi alam guna pengembangannya serta untuk bisa mendatangkan wisatawan yang berimbas pada peningkatan ekonomi di Kabupaten Ngawi.
“ Banyak obyek wisata yang luar biasa di Kabupaten Ngawi, seperti benteng van den bosh, museum trinil waduk pondok, dan Kebun teh Jamus. Hal-hal yang menjadi kekuatan Ngawi untuk bisa di unggulkan dan dipromosikan lebih inten,” Tambahnya.
Sebelum menutup sambutannya Gubernur Jatim meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih, berdasarkan data pemprov Jatim pada tahun 2020-2021 untuk menurunkan angka pengangguran kembali yang terdata 5,44%, kemiskinan 15,44%, IPM 70,54% untuk dinaikkan dan prevalensi stunting 28,70% diturunkan.
“ Pola-pola ini membutuhkan kalaborasi sinergi secara komprehensif, antara pemerintah, akademisi, partispasi masyarakat dan media agar kiranya tujuan tersebut dapat tercapai,” Tegas Gubernur Jatim menutup sambutannya.
Sementara, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menjelaskan ada sejumlah progam andalan dalam meneruskan arahan dari gubernur Jatim diantaranya pengawalan paparan covid 19 dengan recovery secara maksimal, dari penanganan vaksin serta perawatan pasien. Untuk pembangunan SDM sendiri pihaknya mengawali dengan lounching desa organic, dengan harapan terbentuknya embrio desa organic petani tidak tergantung dengan pupuk subsidi dan unsur hara dikembalikan secara alami. Sedangkan untuk penurunan AKI, AKB dan penurunan stunting, bahwa Kabupaten Ngawi saat sekarang sudah turun lagi capai 16% yakni dengan penggiatan pengawasan tumbuh kembang anak di posyandu secara maksimal.
“ Kita akan genjot lagi penurunan AKI, AKB dan penuruan stunting yang awalnya 27% menjadi 16 %, dengan progam andalan, posyandu dan Restu IBU,” Tegas Ony. (ard)

Read 43 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries