Now playing

Rate this item
(0 votes)

MenKes Kunjungi Gontor Resmikan Poskestren

By Published November 23, 2019

NGAWI - Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad (K) RI meminta kepada para siswa yang merupakan santri Pondok Pesantren Gontor Putri 1 untuk mengedukasi masyarakat sekitar soal kesehatan dan jangan lelah mengajarkan hidup sehat.
Siang ini kendati cuaca yang begitu terik di Ngawi, tidak menyurutkan Menkes Terawan mengnjungi ribuan santri Pondok Pesantren Gontor Putri, Sabtu (23/11/2019) Desa Mantingan Kecamatan Mantiangan Ngawi. Usai meresmikan pos kesehatan pesantren Menkes memberikan sambutan kepada santri terkait kesehatan dan hidup sehat.
Ia mengatakan pesantren jadi daya ungkit besar bagi pembangunan kesehatan di Indonesia. Jumlah santri yang banyak merupakan tantangan, sehingga semua warga pesantren harus mampu menjaga lingkungan dan sanitasi di pesantren tidak hanya itu saja lingkungan sekitar juga menjadi perhatian para santri.
“Saya mohon bantuan mahasiswa untuk memberikan edukasi pada masyarakat sekitar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi, itu penting karena kesehatan menjadi tanggungjawab bersama,” Ungkap Kemenkes.
Di samping melihat fasilitas kesehatan di Poskestren, kunjungan tersebut untuk melihat derajat kesehatan santri mengingat pesantren memiliki faktor risiko kesehatan yang tinggi.
“Yang kedua pelayanan pada kondisi yang berisiko karena inilah berkumpulnya umat dalam jangka waktu yang lama bulanan bahkan tahunan, karenanya ini memiliki risiko tinggi baik itu penyakit menular maupun tidak. Karena itu kami punya komitmen pondok pesantren menjadi prioritas kami,” Tambahnya.
Seperti menjadi tujuan utama kemenkes kunjungan ke pesantren tersebut dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan disana, sehingga bisa memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat di Pesantren dan juga masyarakat sekitarnya.
“Semoga dengan awal pembangunan poskestren menjadi barometer terwujudnya kesehatan optimal di Kabupaten Ngawi. Khususnya di pondok pesantres gonto putri,” Tegas Menkes.(ard)

Read 48 times