Now playing

Rate this item
(0 votes)
Kesiapan anggota berwajib dalam pengamanan Nataru Kesiapan anggota berwajib dalam pengamanan Nataru

Nataru Petugas Larang Perayaan dan Konvoi, Perketat Perbatasan Ngawi

By Published January 16, 2021

BAHANAFM,NGAWI - Tahun baru dan perayaan hari besar untuk umat nasrani tahun ini nampaknya berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya Jawa Timur masih di rundung penyakit pandemic yang tidak kunjung berakhir. Mendasar hal tersebut, pihak petugas dan pemerintah daerah menggelar pengamanan dengan penambahan sasaran operasi. Seperti diungkapkan oleh Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Wiyana, selain mengamankan tempat ibadah umat nasrani pihak petugas juga berkonsentrasi dalam pencegahan paparan penyakit covid -19. Gelar apel pasukan dalam perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021, dengan memberikan rasa aman dan nyaman di masa pandemic covid 19.
“ Selain mengetaui kesiapan anggota, apel ini menitik beratkan dengan amanat Kapolri bahwa tidak ada perayaan tahun baru serta penindakan secara humanis bagi pelanggar penerapan prokes,” Ungkap Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Wiyana. Senin (21/12/2020)
Operasi lilin semeru tahun 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari, dimulai pada tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Untuk anggota yang dipersiapkan lebih dari 650 anggota dengan 192 diantaranya anggota kepolisian. Gelar apel pasukan operasi lilin semeru tahun 2020 ini dilaksanakan di lapangan hitam yon armed 12 Ngawi, diikuti oleh kodim 0805, polres, satpol PP, Perhutani, Dishub, Dinkes, BPBD hingga satpam.
“ Kesiapsiagaan instansi terkait dari berbagai elemen ini sebagai bentuk sinergitas bersama guna mewujudkan Kabupaten Ngawi aman dan terjauh dari paparan covid 19,” Tambah Kapolres Ngawi.

Orang nomer satu dialmamater seragam coklat ini mengatakan, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, polisi bersama TNI, dan satpol PP akan meningkatkan operasi yustisi protokol kesehatan (prokes) dan sosialisasi tahun baru di rumah saja. Hal itu bertujuan untuk menekan penyebaran virus korona.
"Kondisi masih pandemi Covid-19, pemerintah mengurangi libur cuti Natal dan tahun baru serta mengimbau masyarakat untuk merayakan pergantian tahun di rumah saja," Jelasnya.
Guna memberikan rasa aman kepada umat nasrani petugas akan melakukan sterilisasi tempat ibadah serta pengawasan dari pihak petugas terdiri ring terbuka dan tertutup. Tidak hanya itu saja pengawasan ketat di jalur perbatasan yakni dengan penekanan jumlah pendatang yang masuk di Kabupaten Ngawi baik di jalur regular dan exit tol.
“ Kita berkerjasama dengan instansi terkait untuk mencegah warga luar kota yang datang di Kabupaten Ngawi, sebagai upaya pencegahan paparan covid 19,” Tegas Kapolres Ngawi. (ARD)

Read 15 times