Now playing

Rate this item
(0 votes)

Ngawi Menjadi Tempat Puncak Kegiatan Hari Aksara International

By Published November 07, 2019

NGAWI – Ngawi oleh Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu kabupaten/kota dipercaya menjadi tuan rumah provinsi dalam rangka peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke 54, ,.
Dan  kegiatan dikonsentrasikan di lapangan merdeka Ngawi, diikuti oleh dinas pendidikan dan dinas arsip daerah seluruh kabupaten di Jawa Timur. Pihak panitia dinas provinsi Jawa Timur mengklaim sedikitnya 38 stand ikut berpatisipasi di mulai dari 6 hingga 8 November 2019.
Pembukaan HAI yang di jadwalkan Rabu 6 Oktober 2019 dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawangsa pada akhirnya di wakilkan ke Asisten 1 Jatim Himawan Estu Bagio. Dijelaskannya dari 38 kota/kabupaten, Kabupaten Sampang menjadi peringkat pertama buta huruf dan terakhir kabupaten Madiun.
“ Tertinggi di Kabupaten Sampang sedangkan terendah di Kabupaten Madiun, untuk Ngawi sendiri diperingkat ke 13 “ ungkap Himawan.
Dalam pengentasan buta aksara menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya dinas pendidikan saja, dengan melakukan pemetaan daerah buta aksara, penguatan progam pendidikan dan terus melakukan koordinasi antara pusat , propinsi dan daerah.
“ Pengentasan buta aksara tidak hanya menjadi tanggung personal atau lembaga namun semua mempunyai peran dan peduli dalam memerangi buta aksara “ tegasnya.
Sementara Bupati Ngawi, Budi Sulistyono mengetahui Ngawi menjadi peringkat ke 13, dalam waktu dekat ini akan melibatkan berbagai relawan untuk berusaha menekan angka buta aksara atau huruf di Ngawi. Kanang demikian panggilan akrab Bupati Ngawi, membantah apabila Ngawi dalam zona merah buta aksara karena buta aksara Ngawi masih di range usia 29-59 tahun.
“ Ngawi masih baik dengan zona hijau, dan dalam waktu dekat ini akan pihanya terjunkan relawan untuk mengentasan buta aksara dengan teknik pembelajaran yang berjenjang “ Tegasnya. (ard)

Read 83 times