Notice: Undefined index: in /home/bahanafm/public_html/templates/radiowave/includes/variations.php on line 63
Ngawi Siapkan Labkesda Rujukan Swab Covid 19

Now playing

Rate this item
(0 votes)
Ngawi bersiap miliki PCR sendiri Ngawi bersiap miliki PCR sendiri

Ngawi Siapkan Labkesda Rujukan Swab Covid 19

By Published April 12, 2021

BAHANAFM,NGAWI – Guna menjadi rujukan labotarium di tingkat propinsi hingga Nasional, Pemerintah Kabupaten Ngawi tengah menyiapkan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) sebagai tempat pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) virus corona (Covid-19) sesuai standart Nasional.

Diungkapkan oleh Sutarto Kepala UPT Labkesda Ngawi, menjelaskan pihaknya saat ini tengah running guna mempersiapkan sejumlah sarana prasarana pendukung harus memenudi persyaratan, hingga sumber daya manusia (SDM) yang ahli, serta prosedur guna mendukung pemeriksaan swab PCR di Labkesda di Kabupaten Ngawi.

"Saat ini kami running Labkesda Pemkab Ngawi sebagai laboratorium untuk pemeriksaan Swab PCR, dari tahap persiapan baik dari sarana, prasarana, untuk SDM tengah mempersiapkan tenaga ahlinya," Ungka Sutarto Kepala UPT Labkesda Ngawi,Kamis (25/03/2021).
Tarto demikian panggilan akrabnya menjelaskan untuk menjadi Labkesda jejaring nasional harus memenuhi persyaratan diantaranya pemeriksaan langsung dari propinsi Jatim, yang nantinya hasil tersebut menjadi rekomendasi ke Kementrian Kesehatan. Kedua Labkesda Ngawi membawa sample 20 spacimen rapid lengkap dengan pemeriksaan dan diagnosanya untuk diuji ke Litbangkes. Apabila persyaratan telah terpenuhi dan lolos, Labkesda akan masuk dalam link Labkesda Nasional PCR covid 19.
“ Menjadi Labkesda Nasional, ada 2 persyaratan diantaranya lolos dari inspeksi pemprov Jatim hingga lolos pengujian Litbangkes,” Tambahnya.
Pengajuan untuk menjadi standart Labkesda tingkat Nasional ini, sudah dilakukan sejak akhir bulan Januari yang di harapkan 2 hingga 3 bulan ke depan sudah mendapatkan pengakuan dari Kemenkes. Pasalnya tidak hanya tenaga ahli yang terampil sarana dan prasarana harus menyesuaikan standrat (BSL) II. BSL adalah tingkatan keselamatan yang diperlukan untuk penanganan agen biologi atau penyakit menular (racun).

"Apabila lancar 2-3 bulan sudah selesai, dan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan ruangan dengan standart BSL II," Tegasnya. (Ard) 

Read 13 times

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries