Now playing

Rate this item
(0 votes)

Pasca Gempa M 3,4 Pusat Lokasi Madiun, Ngawi Masih Aman

By Published August 03, 2019

 

NGAWI – Hari Sabtu, 03 Agustus 2019, pukul 09:42:13 WIB, wilayah Kabupaten Madiun diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=3.4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.69 LS dan 111,60 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km arah BaratDaya Kabupaten Madiun, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 16 km. Seperti diungkapkan oleh Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Ngawi Alfian Wihaji Yudono dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“ Walaupun dekat dengan Kabupaten Ngawi, hingga siang ini belum ada laporan pasca gempa bumi dengan kekuatan 3,4 tersebut,” Jelasnya. (03/08/2019)

Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Madiun dalam skala intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Dari pukul 05.56 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya peningkatan aktivitas kegempaan di wilayah Madiun dan sekitarnya. Hingga pukul 10.07 WIB telah terjadi 19 kejadian gempabumi yang terekam oleh sensor. Mendasar hal itu untuk warga Ngawi, agar lebih selektif dan tidak menyebarkan informasi yang membuat keresahan warga.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya “

Untuk Ngawi yg bisa kena dampak dari gempa bumi yg ber skala besar adalah di daerah lereng Gunung lawu karena tingkat kerentanannya adalah tanah longsor.

“ Sepanjang sampai siang ini, pantuan kami dilapangan baik lewat radio HT dan sarana telekomunikasi group BPBD wilayah Ngawi masih aman “ tegasnya. (ard)

Read 52 times