Now playing

Rate this item
(0 votes)

Pembentukan Fraksi Masih Alot, Alat Kelengkapan Dewan Mundur

By Published August 28, 2019

NGAWI – 3 hari setelah anggota dewan Ngawi di lantik 24 Agustus lalu, hingga saat ini masih berkutat dengan pembentukan fraksi terlebih dahulu. Mendasar dari Penjelasan atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3, menyebutkan 1 fraksi beranggotakan 4 orang anggota legeslatif terpilih. Bila menngacu hal tersebut untuk Kabupaten Ngawi bakal ada 6 fraksi, diantaranya fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, fraksi Gerindra, Fraksi PKB, PKS dan fraksi gabungan yang terdiri dari partai Nasdem, PAN, PPP dan Demokrat. Alotnya pembentukan fraksi tersebut terbukti pimpinan DPRD sementara baru 2 fraksi yang sudah menyerahkan strukutural fraksi sementara.

“ Karena partai kami tidak mempunyai keterwakilan 4 orang di DPRD sehingga membentuk fraksi gabungan sebagai syarat mutlak alat kelengkapan dewan “ ungkap Supeno ketua Fgab sementara.
Fraksi gabungan ini terdiri dari 7 personil yang diantaranya PAN 3orang, Nasdem 2 orang dan berbagi 1 Demokrat serta PPP. Usai pembentukan structural sementara ini Fgab melaporkan kepada pihak pimpinan sementara guna penyusunan alat kelengkapan DPRD Ngawi.


“ Dalam waktu dekat ini, setelah pembentukan structural sementara kepada ketua berlanjut pada pendistribusian personil di alat kelengkapan dewan “ tambahnya.
Selain Fgab, Fraksi golkar menyusul mendeklarasikan structural sementaranya. Fraksi dengan anggota 5 orang ini sudah mempunyai persiapan dalam menempatkan personil dalam alat kelengkapan dewan. Mereka diantaranya Sardjono ditempatkan pada posisi Wakil Ketua DPRD, Ketua komisi bakal di jabat oleh Winarto dan ketua fraksi oleh Imam Nasrulloh.

“ kami sudah siap dengan alat kelengkapan dewan dan sudah menjadi keputusan bersama “ Ungkap Winarto.
Sementara Dwi Riyanto Jatmiko saat dikonfirmasi secara terpisah diakuinya hingga saat ini pihaknya baru menerima 2 fraksi yang sudah menyerahkan structural sementara. Jadwal minggu ini dengan pembentukan alat kelengkapan dewan dipastikan mundur karena alasan tersebut.

"Setelah fraksi-fraksi terbentuk, kemudian pimpinan definitif terbentuk, bisa dilakukan pembentukan alat-alat kelengkapan DPRD," jelas Dwi Riyanto Jatmiko

Menurut Antok, tidak ada perubahan atau tambahan dalam pembentukan alat kelengkapan dewan periode 2019-2024. Formasi penyusunan dipastikan akan sama saja pada periode sebelumnya yang terdiri dari 4 komisi ditambah 4 badan. (ard)

Read 74 times