Now playing

Rate this item
(0 votes)

Pemeriksaan Mendadak, Anggota Kodim Test Urine

By Published September 13, 2017

Ngawi- Guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba dalam tubuh personel TNI dari Kodim 0805 Ngawi anggota wajib mengikuti tes urin di Makodim setempat, Selasa (12/09). Terlihat sekitar 50 orang personel TNI menyerahkan sampel urin untuk diperiksa tim medis dari Polres Ngawi.

Kasdim 0805 Ngawi Mayor Inf Eko Wardoyo mengatakan hasil tes urin yang dilakukan terhadap personel semuanya negatif. Tentunya mengisyaratkan mereka bersih dari narkoba maupun zat zat psikotropika lainya.

“Hasilnya negatif semua artinya aman tidak satupun anggota mengkonsumsi narkoba. Kegiatan seperti ini dilakukan secara dadakan,” ucap Mayor Inf Eko Wardoyo.

Tegasnya, jika ada personel TNI khususnya di jajaran Kodim 0805 Ngawi positif mengkonsumsi barang haram tersebut sangsi tegas bakal diberlakukan. Yakni pemecatan secara tidak terhormat terhadap personelnya.

“Kalau mereka berani coba-coba terhadap narkoba jelas tahu resikonya yakni pemecatan sebagai anggota TNI secara tidak hormat. Dan tesnya urin tadi maupun hasilnya dilakukan cukup terbuka,” urainya.

Ditambahkan, dewasa ini peredaran narkoba sudah pada level mengkhawatirkan di wilayah Ngawi. Dan mafia narkoba sendiri memanfaatkan kalangan remaja maupun pelajar sebagai sasaran empuk bisnis haram mereka.

Pada kesempatan ini Kasatreskoba Polres Ngawi AKP Mukid sebagai pembicara dalam kegiatan bertajuk Penyuluhan, Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN)  di Kodim 0805 Ngawi. Kata Mukid, dari penelitian pengguna narkoba bukan orang-orang kurang ilmu pengetahuan.

Justru sebaliknya, mereka menyasar kalangan itu untuk meraup keuntungan secara besar. Maklum, dilihat dari sisi ekonomi mereka lebih siap untuk membeli barang-barang narkoba. Dan sekarang ini secara nasional pelaku penyalahgunaan narkoba menyentuh angka 2 juta orang.

“Apapun jenisnya narkoba jelas merusak moral generasi bangsa maka harus dibabat. Dan konsekuensi itu bisa berhasil kalau toh dilakukan secara terpadu dan bersama-sama,” pungkas AKP Mukid. 

Pihaknya mengharapkan dengan adanya pemeriksaan rutin ini tidak hanya akan di laksanakan di makodim 0805 Ngawi yang nantinya akan berlanjut ke Instansi lain yang ada di wilayah hukumnya.(ARD)

Read 43446 times