Now playing

Rate this item
(0 votes)
Edi Sukamto sekertaris KPU Ngawi tengah memeriksa data logistik eks PIlkada Ngawi Edi Sukamto sekertaris KPU Ngawi tengah memeriksa data logistik eks PIlkada Ngawi

Pemusnahan Eks Pilkada 2020 Ngawi, menunggu pelantikan

By Published January 16, 2021

BAHANAFM,NGAWI - Pemusnahan eks logistik pemilu di Kabupaten Ngawi akan dilakukan setelah penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ngawi terpilih. Eks logistik tersebut diantaranya bilik, surat suara dan kotak suara.
Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Edi Sukamto saat di temui di kantornya, Selasa (05/01/2020).
Edi Sukamto mengungkapkan, sebelum dimusnahkan eks logistik tersebut akan dilelang terlebih dahulu. Setelah dilakukan pelelangan yang nanti di, barulah eks logistik tersebut dimusnahkan.
“ Pasca penetapan atau tidak ada masalah perselisihan dalam pilkada 2020. Eks Logistik akan di musnahkan,” Ungkap Edi Sukamto selaku sekretaris KPU Ngawi.
Dalam pemusnahan eks logistik surat suara dan kotak suara berbahan kertas, pihak KPU akan dibantu Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Nantinya dari pihak KPKNL akan menyerahkan klien atau pihak penyedia yang akan melakukan lelang.

" Tidak semuanya bisa kita lelang, eks logistik seperti kotak suara, surat suara dan bilik. Sementara formulir C1 yang akan kita serahkan menjadi arsip daerah," Tambahnya.
Ia menambahkan, pemusnahan eks logistik pemilu tersebut akan dilakukan 3 bulan setelah penetapan pilkada.
"Kalau penetapan bulan februari, berarti bulan mei kita musnahkan," Jelasnya.
Edi demikian panggilan akrab Sekretaris KPU Ngawi, hasil lelang nantinya akan dikembalikan ke kas negara melalui kantor lelang. Diakuinya, saat ini eks logistik pemilu masih berada di gudang dan belum dibuka.
"Sekarang masih ada di gudang KPU yang berada di Desa Beran, mulai proses pelelangan setelah penetapan ," Tambahnya.
Ia menegaskan, jumlah kotak suara yang rencanannya akan di lelang sekitar 34 ribu kotak dan bilik suara dan 600 ribu lebih surat suara . dan pemusnahan ini pihak KPU mewajibkan untuk di lebur sehingga tidak terlihat utuh.
" Pemusnahan nanti dimasukkan masuk dalam mesin pencacah dan aturan itu akan di sertakan pada prasyarat lelang," Tegasnya. (ARD)

Read 17 times