Now playing

Rate this item
(0 votes)
PTPS dilantik di kantor kecamatan dan siap kawal pilkada Ngawi PTPS dilantik di kantor kecamatan dan siap kawal pilkada Ngawi

Perhitungan Pilkada Mendatang Masih Dengan Cara Manual

By Published November 17, 2020

BAHANAFM,NGAWI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi, melantik Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) secara serentak pada hari ini yang dilaksanakan di kecamatan masing-masing. Dikarenakan berlangsung di tengah pandemic covid 19, prosesi pelantikan dengan mengedepankan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker hingga menjaga jarak.
“ Benar hari ini memang dilakukan pelantikan secara serentak PTPS, karena tugas mereka yang mendesak sehingga segera dilantik untuk dapat bekerja secara maksimal,” Ungkap Suyatno selaku komisioner devisi penyelesaian sengketa Bawaslu Ngawi.
Pelantikan PTPS sejumlah 1798 orang ini usai dilantik akan langsung di bekali tentang materi pengawasan dan aturan serta hal-hal yang dapat menjadi pelanggaran di TPS. PTPS sendiri akan bekerja selama 30 hari dengan agenda 23 hari sebelum hari H dan 7 hari setelah pemungutan suara.
“ Pasca dilantik PTPS ini langsung dibekali dengan materi pengawasan, dari awal hingga akhir masa tugas mereka,” Tambah Suyatno.
Pihaknya juga memberikan sarana terbuka bagi PTPS dalam menjalankan tugasnya, dikandung maksud apabila mendapatkan permasalahan dilapangan bila berkoordinasi dengan panwas kecamatan hingga kabupaten. Ditanya menyoal cara pelaporan perhitungan pemilihan kepala daerah mendatang, Suyatno menegaskan dikarenakan DPR RI mayoritas menolak sistim rekapitulasi elektronik (sirekap) besar kemungkinan akan menggunakan perhitungan manual.
“ Dimungkinkan perhitungan dengan cara manual, pasalnya DPR menolak menggunakan sirekap,” Tegas Suyatno. (ard)

Read 70 times