Now playing

Rate this item
(0 votes)

Polres Ngawi Gulung Pengedar BB dan Ganja

By Published September 12, 2017

Ngawi- Patut diacungi jempol Jajaran Reskoba Polres Ngawi berhasil menangkap tangan terduga pelaku pengedar Sabu dan ganja  di wilayah hokumnya. Bahkan yang cukup membanggakan penangkapan ini tergolong besar bila dilihat dari factor barang buktinya (BB) yang diamankan petugas. Pelaku dengan berinisial YP pria berumur 23 tahun yang masih tercatat sebagai salah satu warga Dusun Sambirejo, Desa Tepas, Kecamatan Geneng, Ngawi berhasil disergap petugas Reskoba Polres Ngawi saat melintas di Jalan Raya Soekarno-Hatta atau ring road Ngawi sekitar pukul 00.00 WIB pada Minggu, (06/09). Keberhasilan penangkapan pelaku ini dari hasil pengembangan dan penyidikan petugas dengan memanfaatkan media social yang kerap dilakukan oleh jaringan narkoba. 

Dari tangan pelaku yang mengaku pekerja swasta petugas menyita BB berupa daun ganja seberat 9,93 gram yang dikemas platik klip warna putih dan satu batang rokok berisikan daun ganja seberat 1,04 gram yang ditaruh didalam bungkus rokok. Penangkapan pelaku yang diakui petugas sangat licin ini, di saat pelaku hendak menunggu  transaksi dengan konsumennya. YP mengendarai sepeda motor jenis Honda Vario warna putih nopol AE 5871 MS ketika diperiksa petugas dari saku celana jean berhasil ditemukan BB langsung diamankan .

“Kami mengikuti pergerakan YP melalui media social dengan waktu yang cukup lama hampir dua pekan terakhir. Jaringan yang dilakukan pelaku saat sekarang cukup lihai yakni memanfaatkan medsos. Namun pihak kepolisian tidak mudah dikelabui dan berhasil diamankan daun ganja yang merupakan pengungkapan terbesar selama ini,” jelas Kasatnarkoba Polres Ngawi AKP Mukid, Senin (11/09).

Dari keterangan YP daun ganja ini ia pesan melalui media social setelah sepakat antara pelaku dengan konsumen bertemu di tempat yang telah menjadi perjanjian. YP selama ini mendapatkan daun ganja berasal dari seseorang bandar yang stand by di kawasan alun-alun Ngawi. 

“ Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak polda serta cyber crème untuk melihat riwayat no ponsel pelaku agar bisa mengungkap Bandar lainnya yang pernah di hubungi oleh pelaku” tegas Kasat reskoba polres Ngawi.

Dalam realease AKP Mukid, Reskoba Polres Ngawi juga berhasil menggulung satu orang terduga pengedar sabu-sabu berinisial DB remaja tanggung berusia 20 tahun asal Dusun Sukomoro, Desa Karangrejo, Kecamatan Wungu, Madiun. Dari tangan DB diamankan BB sabu-sabu seberat 0,16 gram yang dikemas kedalam plastik klip warna putih.

“ Dalam mengungkap para pelaku Narkoba cukup sabar dan sulit bila dibandingkan dengan criminal lainnya namun setelah kita mengetahui modus peredarannya sama yakni dengan  memanfaatkan jaringan media social DB berhasil kami tangkap ketika sedang menunggu calon konsumenya di depan GOR Bung Hatta Ngawi pada Jum’at 25 Agustus 2017 tepatnya pukul 15.20 WIB,” jelas AKP Mukid.

Kepada kedua pelaku dikenakan pasal berbeda, hal ini berdasarkan dari jenis Narkoba yang di edarkan. YP terduga pelaku peredaran ganja dijerat dengan Pasal 111 ayat 1 dan atau Pasal 131 UURI Nomor 35 Tahun 2009 sedangkan DB dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 dengan undang-undang yang sama. Dengan demikian kedua terduga pelaku narkoba tersebut bakal diganjar penjara minimalnya 4 tahun dan maksimal 12 tahun serta denda paling banyak Rp 8 miliar. 

“ Pengungkapan dan pengembangan kasus Narkoba tidak akan berhenti disini saja, dengan penangkapan para pelaku sebelumnya kami optimis Bandar yang saat sekarang mungkin berada di Ngawi atau di luar akan tetap kami tuntaskan” tegas Kasat Reskoba Polres Ngawi.(ARD)

Read 112315 times