Now playing

Rate this item
(0 votes)
Istijono pembina muda kwarcab Ngawi bangga sebagai pramuka karena terlatih mandiri sejak dini Istijono pembina muda kwarcab Ngawi bangga sebagai pramuka karena terlatih mandiri sejak dini

Pramuka Sebagai Role Model Pembentukan Karakater Anak

By Published August 18, 2020

BAHANAFM,NGAWI - Hari ini, Jumat (14/8/2020), kita memperingati Hari Pramuka. Pramuka, gerakan kepanduan Indonesia itu menjadi salah satu kegiatan di lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pramuka atau Praja Muda Karana.dimaknai oleh Istijno selaku wakil pramuka kwarcab Ngawi sebagai suatu lembaga yang membentuk rolemodel bagi pendidikan anak sejak dini dengan melatih kegiatan kemandirian, kreativitas dan kedisiplinan. Sehingga menjadi filter anak terjauh dari kegiatan yang negative dan sebaliknya dapat menjadi wadah kepemilikan dasar berkarakter dalam menghadapi kehidupan.
“ Pramuka itu sebagai wadah meningkatkan kemandirian, kreatifitas dan kedisiplinan dalam menghadapi kehidupan nyata,” Ungkap Istijono yang juga mantan kepala sekolah di Sekolah Negeri Ngawi.
Istijono mengenal pramuka sejak kecil dan sudah kerkecimpung dengan segala kegiatan dan perlombaan di kepanduan yang memiliki symbol buah kelapa tersebut, serta membawa nama baik Kabupaten Ngawi di tingkat Nasional. Ditengah pandemic covid 19 ini, kwarcab Ngawi tidak tinggal diam, diantaranya memberikan edukasi pendidikan dengan virtual dan untuk bakti sosial membagikan masker sejumlah 1200 serta ikut andil dalam berkontribusi melakukan penyemprotan disenfektan.
“ Dimasa pandemic ini kami melakukan pembagian masker dan penyemprotan, serentak kepada semua kwaran setelah upacara peringatan Hari Pramuka se Kabupaten Ngawi,” Tambahnya.
Istijono menegaskan di masa yang serba digital dengan perkembangan pengetahuan jejaring internet, kesalahan dalam brosing internet hal ini menjadi dampak negated dan menjadi kewaspadaan bagi kita sebagai orangtua untuk membentengi mereka dengan hal-hal yang positif. Sehingga dengan mengikuti kegiatan pramuka baik di sekolah dan kelembagaan akan menjadi benteng tersendiri karena melakukan kegiatan yang positif.
“ Sekarang serba modern dengan jejaring internet yang sangat mudah, pramuka bisa menjadi filter sekaligus benteng dalam mencetak karakter anak yang mempuyai role model yang positif,” Tegasnya. (ard)

Read 71 times